Buka Musrenbang Papua Barat, Wamendagrii: Masih Ada Tugas yang Masih Tersisa

saranginews.com, JAKARTA – Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat agar sukses menyelenggarakan Pilkada serentak 2024.

Hal itu diungkapkan Wamendagri Wempi pada pembukaan rapat Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Papua Barat Tahun 2024 yang digelar di ballroom Hotel Meridien Aston Viu Manokwari, Papua Barat, Senin (29/4/2024).

BACA JUGA: Pengumuman Penting Kementerian Dalam Negeri Musrenbang Riau 2024

“Tugas kita semua lebih banyak, khususnya mensukseskan pilkada serentak,” ujarnya.

Wempi meminta Gubernur Papua Barat, Kapolda dan seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di kabupaten dan kabupaten/kota untuk bersinergi mensukseskan program nasional tersebut.

PELAJARI LEBIH LANJUT: Wamendagri John Wempi Ajak Anggota MRP Papua Tengah Cermati Pilkada dan Pilkada 2024

Menurutnya, Musrenbang merupakan forum koordinasi perencanaan proyek pembangunan nasional dan daerah.

Utamanya membahas rancangan Rencana Aksi Daerah (RKPD) pemerintah tahun 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah tahun 2025-2045 (RPJPD).

BACA JUGA: Penyerahan 10 Juta Bendera Merah Putih ke Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Aceh, Simak Pidatonya

Dijelaskannya, pembahasan rancangan RKPD dilakukan untuk menyepakati permasalahan, prioritas, program, tugas, indikator, indikator dan tujuan operasional, serta arah pembangunan masyarakat.

Selain itu, menghubungkan program pembangunan daerah dengan kegiatan dan tujuan serta prioritas pembangunan nasional.

Sekaligus sebagai ajang klarifikasi rencana dan kegiatan provinsi serta program dan kegiatan kabupaten/kota terkait hasil Musrenbang kabupaten/kota.

“Kalau bicara koordinasi penyusunan rencana nasional dan daerah, hal ini sejalan dengan visi utama Indonesia Emas 2045, yang pertama teknis perencanaan dan strategi, kedua keberlanjutan, dan ketiga kesinambungan dan kesinambungan. kepemimpinan,” tegasnya.

Dikatakannya, pembangunan daerah merupakan faktor penting dalam pembangunan negara dan harus berjalan secara damai dan harmonis.

“Di sini tujuan pembangunan daerah menunjukkan pelaksanaan program negara yang diberikan kepada daerah dalam rangka pembangunan nasional,” ujarnya.

Wempi mengingatkan, mendorong pembangunan di wilayah Papua Barat harus fokus pada Papua yang sehat, cerdas, dan produktif untuk mencapai Papua yang mandiri, adil, dan sejahtera. (jpnn) Jangan lewatkan video Pilihan Editor ini:

BACA ARTIKEL LAGI… Presiden Jokowi bertanya kepada Wakil Menteri Dalam Negeri Restu Megawati sebelum dilantik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *