BMKG Prakirakan Wilayah Sumut Diguyur Hujan Selasa Sore dan Malam

saranginews.com, MEDAN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian wilayah Sumut akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada Selasa (14/5) siang dan malam.

Prakiraan Cuaca BBMKG Wilayah I Medan Defri Mandoza Selasa siang dan malam diperkirakan akan turun hujan di wilayah Daira, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal dan sekitarnya.

BACA JUGA: BMKG Sebut Rentetan Getaran Seismik Tingkatkan Kerentanan Longsor di Sumbar

Sedangkan pada malam hari, hujan sedang diperkirakan terjadi di Karo, Dairi, Simalungun, Asahan, Labuhanbatu Selatan, Pakpak Bharat, dan Tapanuli Tengah.

Kemudian wilayah Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Humbang Hasundutan, Sibolga, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Samosir, Toba, Mandailing Natal, Paluta, Palas, Nias, Nias Barat, Nias Selatan dan sekitarnya.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca di Riau Hari Ini, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Suhu udara rata-rata 17 hingga 33,0 derajat Celcius, kelembapan udara 60 hingga 98 persen, serta angin tenggara dan barat daya bertiup dengan kecepatan 10 hingga 30 km/jam.

“Waspada risiko hujan sedang hingga lebat di sebagian pantai barat, lereng barat, dan pegunungan Sumut yang dapat menimbulkan banjir, tanah longsor, dan bencana hidrometeorologi lainnya,” ujarnya.

BACA JUGA: Cuaca akhir pekan panjang, BMKG memperkirakan wilayah ini cerah berawan

Sementara itu, Prakirawan Stasiun Meteorologi Laut Belawan Christen Novena mengatakan, gelombang setinggi 1,25 meter berpotensi terjadi di wilayah Aceh di Samudera Hindia bagian barat dan di Samudera Hindia bagian barat Nias.

Daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) juga terpantau meluas hingga ke Aceh, sedangkan daerah pertemuan kecepatan angin (konvergensi) terpantau di Selat Malaka.

Kondisi angin di perairan Sumut umumnya tenggara hingga barat daya dengan kecepatan 2 hingga 12 knot. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Lumajang dilanda gempa berkekuatan magnitudo 5,2, BMKG mengimbau warga tetap tenang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *