Setia Melestarikan Seni Budaya, Rina Ciputra Raih Penghargaan Nusantara Awards 2024

saranginews.com, JAKARTA – Rina Ciputra menerima Penghargaan Nusantara 2024 dari Media Nawacita Indonesia (MNI) Kamis (5/9) lalu.

Penghargaan tersebut merupakan penghargaan atas dedikasi Rina Ciputra dalam melestarikan seni dan budaya nusantara di era yang seringkali mengabaikan ajaran orang tuanya.

Baca juga: Pertunjukan Budaya, Indonesiana.TV Raih Penghargaan

Meski demikian, Rina tetap setia mengikuti jejak sang ayah, Ir Siputra yang menanamkan nilai-nilai konsistensi dan penghormatan terhadap budaya bangsa.

Seperti diketahui, IR Ciputra merupakan salah satu pengusaha sukses di bidang real estate. Ia dikenal karena kepiawaiannya membangun bisnis dari skala kecil hingga menjadi bisnis ternama di Indonesia.

Baca juga: Ikut Melestarikan Budaya, Permatabank Dukung Perayaan Adeging Mangkunegaran-267

Ciputra Group yang didirikan oleh IR Ciputra telah berkembang menjadi konglomerat yang mempunyai jejak kuat tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara.

Kesuksesan tidak hanya diukur secara finansial, namun juga dampak sosial dan pendidikan bagi putra-putri Siputranya.

Salah satu warisan keluarga Ciputra yang sangat penting dalam pelestarian seni dan budaya adalah berdirinya Ciputra Artpreneur.

Kecintaan Rina terhadap seni dan budaya Indonesia terpatri di Gedung Mega Kuningan.

Ciputra Artpreneur dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk museum yang memamerkan koleksi lukisan karya Hendra Gunawan, salah satu empu seni lukis Indonesia.

Galeri seni Ciputra Artpreneur sering digunakan untuk berbagai kegiatan yang mendukung perkembangan seni rupa di Indonesia, seperti pameran seni, peragaan busana, dan konferensi seni budaya.

Ciputra Artpreneur, sebuah teater internasional berkapasitas lebih dari 1.100 orang, menjadi tempat yang menarik dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan dan pecinta seni.

Penghargaan Nusantara 2024 yang diterima Rina Ciputra bukan sekedar pengakuan, tapi juga penghormatan atas dedikasinya dalam melestarikan seni dan budaya nusantara.

Dalam sambutannya, Rina menyampaikan rasa syukurnya dan menegaskan bahwa prestasi tersebut tidak lepas dari didikan sang ayah, Dr. (HK) Ir Siputra yang juga mencintai seni dan budaya.

“Saya mendapatkannya karena ayah saya yang mengajarkan saya untuk mencintai budaya,” kata Rina.

Dengan koleksi lukisan Hendra Gunawan yang berjumlah 130 karya, Ir Siputra memberikan inspirasi besar kepada Rina dalam upayanya melestarikan seni dan budaya nusantara.

Rina telah menunjukkan bahwa kesuksesan kewirausahaan dapat berjalan seiring dengan dedikasi terhadap warisan budaya. Melalui berbagai inisiatif dan dukungannya terhadap seni, Rina tidak hanya meneruskan warisan ayahnya, tetapi juga membawa budaya Indonesia ke masa depan.

Kesetiaan Rina dalam menjaga dan melestarikan budaya bangsa juga memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk lebih menghargai dan mencintai warisan budaya Indonesia.

Dengan diraihnya Penghargaan Nusantara 2024, Rina Ciputra mengukuhkan posisinya sebagai pelestari seni dan budaya nusantara yang patut ditiru oleh setiap anak bangsa.

Sebagai informasi, Media Nawacita Indonesia (MNI) melalui Nusantara Awards 2024 mengapresiasi masyarakat dan instansi yang telah berkontribusi nyata dalam pelestarian budaya Indonesia (mcr10/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *