BEAST 2024 Segera Digelar di Bandung, Hadirkan Narasumber Kelas Dunia

saranginews.com, JAKARTA – Workshop Animasi bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian RI dan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyelenggarakan Workshop Animasi Digital Arts and Creativity Festival (BEAST) 2024 di Holiday Inn Pasteur , Bandung pada Sabtu 25 Mei 2024

Acara kembali offline setelah pandemi. Tujuannya adalah menjadi forum pertukaran informasi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan industri digital dan seni kreatif, mulai dari studio animasi/game, praktisi/profesional, lembaga pendidikan, pelajar, dan pemerintah. institusi terkait.

BACA JUGA: Java Jazz Festival 2024 Segera Hadir, MLDSPOT Berikan Pengalaman Baru

BEAST 2024 akan mengundang pembicara dari industri game, animasi, kekayaan intelektual (IP), ilustrasi dan komik; Ronny Gani (CEO Animation Workshop dan Senior Animator di The Avengers, Pacific Rim, Transformers), Shieny Aprilia (CEO Agate International), Daryl Wilson (CEO Kumata Animation Studio), Anintyas Wening (Managing Director Brown Bag Films Bali) dan Bryan. Valenza (artis warna eksklusif untuk Marvel Entertainment).

Para profesional ini akan berbagi informasi dan ilmu yang diperoleh selama berkarir di studio-studio animasi besar dalam dan luar negeri.

BACA JUGA: Persiapan Ruth Sahanaya untuk Konser HUT ke-40 Simfoni “From the Heart”

Hal ini tentunya dapat membantu peserta mengembangkan usaha dan keterampilannya di kemudian hari.

Ronny Gani, Chief Executive Officer dan salah satu pendiri Bengkel Animation, mengatakan seni digital dan industri kreatif di Indonesia mengalami pertumbuhan yang relatif pesat selama beberapa tahun terakhir, dengan banyak perusahaan lokal yang mengembangkan produk kreatif atau memberikan layanan kepada klien asing.

BACA JUGA: Alan Walker siapkan panggung jelang konser di Jakarta

“Melalui acara BEAST, kami berupaya memastikan adanya sinergi yang lebih kuat dari seluruh pemangku kepentingan industri, khususnya pelaku usaha dan sumber daya manusia. Kami berharap pertumbuhan industri dapat semakin optimal, dan yang tidak kalah pentingnya adalah adanya pembaharuan. sumber daya manusia “menjadi tenaga profesional yang lama kelamaan mampu bersaing di tingkat internasional,” kata Ronny Gani, Minggu (5).

Hal ini mendorong Ronny untuk mendirikan Workshop Animasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas animator muda melalui program pelatihan, penyelenggaraan acara, serta pemberian layanan pengembangan animasi 3D.

Daryl Wilson, Chief Executive Officer Kumata Studio dan Ketua AINAKI (Asosiasi Industri Animasi Indonesia), narasumber acara BEAST 2024 menjelaskan, sektor industri animasi dapat menjadi solusi dalam hal penciptaan lapangan kerja dan pengembangan kekayaan intelektual (IP). . menyediakan produk atau jasa produksi animasi untuk pasar animasi lokal dan global.

AINAKI sebagai asosiasi yang mewakili pelaku industri Indonesia mendukung kegiatan BEAST yang bertujuan untuk melakukan sosialisasi dan jaringan antar pelaku industri.

“Data kajian ANAKI menunjukkan pertumbuhan kajian animasi di Indonesia sebesar 26 persen selama 6 tahun terakhir. meningkat sebesar 200 per tahun, sehingga AINAKI akan terus bekerja sama dengan berbagai negara untuk mengembangkan program yang menyasar daratan sehingga sektor animasi dapat mengambil peran untuk menuju “Indonesia Emas telah dicanangkan oleh pemerintah,” jelasnya.

Anintyas Wening, Operations Manager Brown Bag Films Bali yang juga menjadi salah satu pembicara BEAST 2024 pun mengungkapkan antusiasmenya.

Menurutnya, Brown Bag Films Bali melihat acara ini sebagai peluang dan wadah yang luar biasa untuk mendukung pertumbuhan industri animasi di Indonesia.

“Kami berharap berbagi pengalaman dan pandangan pada BEAST 2024 dapat memberikan wawasan yang dapat memperkuat ekosistem animasi di Indonesia,” tutupnya.

(ayah/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *