Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK: Ternyata Perincian Formasi Belum Beres, Ini Datanya

saranginews.com – JAKARTA – Menteri Penguatan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengumumkan jadwal pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024.

Seleksi CPNS 2024 di sekolah kedinasan akan dimulai pada Mei 2024.

Baca juga: Menteri Anas Umumkan Jadwal Pendaftaran CPNS & PPPK 2024, Penting!

Menteri Anas mengatakan, jadwal pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024 di Indonesia ditetapkan pada Juni mendatang.

“Registrasi CASN kami targetkan akan dimulai pada Juni 2024,” kata Menteri Anas dalam keterangan resmi Humas KemenPAN-RB.

Baca juga: Pendaftaran CPNS 2024 Dimulai Bulan Ini, 8 Instansi Buka 3.445 Formulir, PPPK? SATU

Dijelaskan pula, pendaftaran CASN 2024 dapat dimulai setelah selesainya proses verifikasi dan konfirmasi Komisi Aparatur Sipil Negara (SSC) atas rincian yang disampaikan oleh instansi pemerintah.

Persiapan detail permohonan ASN 2024 berlangsung pada 15-29 Maret 2024 dan diperpanjang hingga 30 April 2024.

Baca juga: IKN Punya ASN Lebih Banyak Dibanding PNS PPPK, Ini Datanya, Jauh Banget

Namun, Mas Anas mengatakan ada lembaga yang gagal melaksanakan rekomendasi rinci, terutama lembaga yang kekurangan dana secara signifikan.

“Kami (KemenPAN-RB) berharap kepada instansi yang belum menyampaikan informasi detail pembentukan/permintaan dapat segera melengkapinya dengan memasukkan Sistem Informasi Pelayanan Publik Negara (SIASN) Badan Kepegawaian Negara (SSC) ke dalam Negeri. Sistem Informasi Kepegawaian,” kata Menteri. Anas dalam Konferensi Pers Perkembangan Pengadaan ASN 2024 di Jakarta, Jumat (5 Maret).

Menteri Anas menjelaskan, rincian persyaratan CPNS dan PPPK yang dikeluarkan melalui SIASN BKN setidaknya mencakup jenis pengadaan, jabatan, uraian tugas, tingkat pendidikan, jurusan pelatihan, tata letak departemen, dan kisaran pendapatan.

“Untuk memudahkan instansi pemerintah dalam pengisian rincian pelatihan, pada awal Maret 2024, Kementerian PANRB menerbitkan Instruksi penyusunan rincian persyaratan pegawai ASN tahun 2024 sesuai Keputusan Menteri PANRB 173/2024. Formasi CPNS dan PPPK Tahun 2024. Jumlah organisasi yang mengisi rinciannya

Pada tanggal 2 Mei 2024 pukul 20.10 WIB, Menteri Anas menyampaikan, sebanyak 602 instansi pemerintah telah menyampaikan rinciannya ke sistem layanan perencanaan SIASN BKN.

Informasinya dirinci sebagai berikut:

Sebanyak empat instansi belum memberikan informasi detailnya

Sebanyak 36 instansi kini sedang mempersiapkan detail pendiriannya

Terdapat 39 perusahaan yang telah menyelesaikan penyusunan detail dokumen pendirian namun belum menyerahkan Tanda Tangan Digital (DS) SPTJM PPK.

Masih ada 371 sekolah yang menyelesaikan rincian pendiriannya oleh BKN

Sebanyak 152 rincian usulan badan tersebut telah diselesaikan BKN dan menunggu tanda tangan digital (DS) Peraturan Teknis Kepala BKN.

Menteri Anas menjelaskan, ada beberapa penyebab terlambatnya penyampaian informasi detail proses formasi CPNS 2024 dan PPPK 2024:

1. Dinas masih melakukan pemetaan lokasi;

2. Informasi non-ASN atau jumlah pegawai yang terbatas;

3. Mengusulkan kualifikasi dan tugas profesional;

4. Badan belum menyelesaikan pemutakhiran informasi peta lokasi pada layanan elektronik SIASN BKN.

Rincian permohonan personel ASN yang diajukan instansi pemerintah akan disetujui BKN.

Selain itu, BKN menyampaikan hasil validasi tersebut sebagai Pendapat Teknis untuk dijadikan bahan pertimbangan Sekretaris PANRB dalam menentukan rincian kebutuhan ASN.

Menteri Azwar Anas mengatakan, “Insya Allah pendaftaran akan kami mulai pada bulan Juni atau Juli tahun ini setelah lembaga tersebut menerima keputusan Sekretaris PANRB tentang identifikasi kebutuhan ASN dan koordinasi dengan BKN.” (sam/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *