Pendaftaran KILA 2024 hingga 31 Mei 2024, Kemendikbudristek Gencarkan Sosialisasi 

saranginews.com, Jakarta – Ratusan siswa, PAUD, dan guru SD se-Jadebek heboh menyaksikan pertunjukan musik ‘Sahabat Anak Indonesia’.

Ini merupakan bagian dari Program Lagu Kita Cinta Anak (KILA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2024 yang sudah memasuki tahun kelima.

Baca Juga: Kila merupakan salah satu upaya Kemendikbud untuk merangsang kecintaan anak terhadap seni dan budaya

Penampilan Duta Kila (Juara Lomba Menyanyi Kila mulai tahun 2020 dan seterusnya) antara lain; Shafira Crissandria (Madian), Rachel Aurelia (Jakarta), Doreen Isabella (Dipok), Dua Saka (Madian), Theodore Manuel (Tangerang Selatan) dan Shabia Bilkis (Sidorjo) diundang untuk memukau penonton.

Mereka bergembira saat menyanyikan 1 lagu tema dan 15 lagu baru Kila. Diantara mereka; Lagu Yang Bisa Kita Lakukan, Kereta Melewati dan Karena Kita Berteman.

Baca Juga: Kemendikbud Ristek Luncurkan Program Inovasi Perempuan 2024 Ada Diane Sastro

Anak-anak tersebut didampingi oleh Sanggar Tari Fantasia Indonesia, Maureen R Tauhatu (Koordinator Komunikasi), Tanti Hudoro (Choir Director), Alpha Agustiyar (Arransemen Musik) dan Dino Cristianto (Arranger Musik dan Vokal).

Menurut Eddy Irawan, Ketua Tim Kerja Apresiasi dan Literasi Musik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kila telah menghasilkan 16 lagu baru sepanjang tahun ini. Mengunjungi banyak kota di Indonesia.

Baca Juga: Film Lembayung Berdasarkan Kisah Nyata, Bym Wong Debut Sebagai Sutradara

“Musik dan penyanyi anak-anak semuanya baru. Itu upaya membangun ekosistem musik. Jadi bukan hanya tugas pemerintah, tapi juga orang tua,” kata Eadie saat berpidato di panggung teater musikal di Ice Palace. , Kuningan, Jumat (17/5).

Lanjutnya, baru kali ini KILA melakukan kontak sosial di Jakarta, setelah beberapa kota. Pada Selasa (14/5) tim Kila Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan sosialisasi kepada para guru.

Sementara itu, diterapkan kepada siswa di puluhan taman kanak-kanak dan sekolah dasar di wilayah Jadebek.

Tahun lalu, Kila mengikuti dua kategori, yaitu lomba menyanyi untuk anak usia 5-7 tahun dan 8-13 tahun.

Tahun ini KILA menghadirkan lima kategori yaitu Lomba Menyanyi Anak Usia 5-7 Tahun, Lomba Cipta Lagu Anak Usia 8-13 Tahun, Lomba Cipta Lagu Anak Usia 5-7 Tahun, dan Lomba Cipta Lagu Anak Usia 5-7 Tahun. Lomba menyanyi kelompok usia 5-7 tahun, lomba cipta lagu usia 13 tahun, lomba cipta lagu usia 13 tahun, lomba aransemen lagu anak daerah.

Pendaftaran KILA dilaksanakan pada tanggal 9 Maret hingga 31 Mei 2024. Program ini gratis dan persyaratan pendaftaran serta pendaftaran peserta dapat dilihat di akun media sosial KILA.

Setelah Surabaya, Solo, Denpasar, dan Jakarta, sosialisasi dan venue musik Kila di Palembang akan berakhir pada 20-24 Mei 2024. (esy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *