BMKG: Ada Potensi Pertumbuhan Awan Hujan

saranginews.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Meteorologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan kondisi cuaca di kota-kota besar di Indonesia saat ini didominasi hujan akibat adanya tiga sirkulasi siklon dan bibit Siklon Tropis 91P.

Prakiraan cuaca BMKG Rafat Darajat mengatakan, terdapat tiga siklon di perairan utara Kalimantan Barat, di Samudera Pasifik utara Papua, dan di Laut Bandi.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Riau, BMKG: Waspadai hujan, angin kencang, dan kilat di wilayah tersebut

Kondisi ini mampu meningkatkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklon, kata Rifat dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (7/7).

Rafat mengatakan Topan 91P kecil kemungkinannya menjadi siklon di sekitar Laut Arafuro.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Riau 30 April 2024, BMKG: Hujan dan angin kencang, hati-hati

Dampaknya, wilayah awal badai diperkirakan akan diguyur hujan sedang hingga lebat serta angin kencang, dan hujan ringan diperkirakan terjadi di Banda Aceh, Pekanbaru, Palembang, Pulau Sumatera. Hujan sedang diperkirakan terjadi di Bengkulu dan Bandarlampung serta hujan lebat di Medan, masyarakat diimbau mewaspadai hujan atau badai petir di Padang, Tanjung Penang, Jambi, dan Penangkalpanang.

Pindah ke Pulau Jawa, cuaca di Surabaya diperkirakan cerah. Sementara Kota Sereng, Semarang, Bandung, dan Yogyakarta diperkirakan masih berawan. Hujan ringan di Jakarta diperkirakan terjadi, kata Rifaat Pulau Bali dan Nusa Tenggara umumnya sejuk dan berawan. Kondisi cuaca di Denpasar dan Kupang diperkirakan sebagian besar berawan, sedangkan Mataram diperkirakan berawan.

Di Kalimantan, cuaca sejuk dan lembab diperkirakan terjadi di Banjarmasin, sedangkan hujan ringan diperkirakan terjadi di Palangka Raya. Curah hujan sedang mungkin terjadi di Gorontalo, Palau, dan Makassar. Setelah itu, kemungkinan hujan sedang di Kandyari. Masyarakat di Mamojo perlu waspada karena diperkirakan terjadi kilat atau guntur pada hari ini. Hujan ringan diperkirakan hanya terjadi di Jaipur; Sementara hujan ringan diperkirakan terjadi di Ternate, Manukuri, dan Ambon, BMKG memperkirakan angin permukaan di Indonesia umumnya bertiup dari arah timur dengan kecepatan angin berkisar 10 hingga 45 km/jam. Sedangkan suhu udara biasanya berkisar antara 17 hingga 34 derajat Celcius dan kelembapan berkisar antara 50 hingga 100 persen.

Prakiraan tinggi gelombang laut di Indonesia secara umum cukup baik, antara 0,5 hingga 2,5 meter. Waspadai kemungkinan terjadinya banjir pantai atau banjir rob di pesisir Belawan dan Balikpapan, pungkas BMKG Prakirawan Rif’at Darajat. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *