Solusi Honorer Gagal jadi PPPK 2024, Ada Istilah NIP Paruh Waktu

saranginews.com – SEMARANG – Berikut informasi terkini Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 di Pemprov Jateng dan relevansinya dengan nasib tenaga honorer.

Pemerintah Daerah Jawa Tengah mendapat kuota seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) tahun 2024 sebanyak 4.446 orang.

BACA JUGA: Menteri Anas kembali merujuk pada pekerjaan paruh waktu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hingga 20% kutipan untuk guru swasta.

Rinciannya: 265 pegawai CPNS dan 4.181 PNS kontrak kerja (PPC).

Namun hingga saat ini Pemprov Jateng masih menunggu jadwal pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024 dari pemerintah pusat.

BACA JUGA: Ini data terakhir perbandingan jumlah PPPC dan PNS.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Tengah Rahmah Nur Hayati mengatakan, proses rekrutmen CPNS dan PPPK masih menunggu petunjuk teknis dari komisi seleksi nasional (panselnas).

Menurutnya, rekrutmen CASN pada tahun 2024 diharapkan dapat meningkatkan dan meningkatkan kinerja Pemprov Jateng karena akan mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang tentunya berkualitas.

BACA JUGA: Setelah menerima IC, ribuan PPK langsung mengetahui kemungkinan PHK

Selain itu, pemilihan PPPC juga merupakan bagian dari upaya mengatasi persoalan non-ASN atau kehormatan.

“Dengan dibukanya rekrutmen CPNS ini, kami berharap dapat mempercepat kerja Pemprov Jateng. Dan dengan bantuan (formasi) PPPK, kita bisa sedikit menyelesaikan permasalahan pegawai non-ASN di Pemprov Jateng,” kata Rahmah. Di Semarang, Selasa (07.05).

Rahmah mengatakan, saat ini kekuatan ASN di lingkungan Pemprov Jateng yang tersebar di berbagai organisasi perangkat keras daerah (OPD) mencapai 48.002 orang.

Jumlah pegawai non-ASN atau honorer Pemprov Jateng sebanyak 14.349 orang.

Ia mengatakan, berdasarkan peta kerja, Pemprov Jateng masih kekurangan sebanyak 34.793 orang, mengingat jumlah ideal pegawai sebanyak 99.676 orang. Staf Kehormatan lainnya adalah PSG paruh waktu.

Diketahui, guna menyelesaikan persoalan kehormatan, MenPAN-RB Azwar Anas telah menjelaskan pengangkatan beberapa Pejabat Kehormatan PPPK Paruh Waktu atau PPPK Paruh Waktu.

PPPC Part Time merupakan solusi sementara bagi tenaga honorer yang tidak lolos PPPC 2024.

Pasalnya, sesuai aturan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 (USCAN) “Tentang Aparatur Sipil Negara”, penyelesaian persoalan kehormatan harus selesai pada akhir Desember 2024.

Lantas, upaya apa saja yang dilakukan untuk menghilangkan ASN atau Tenaga Honorer di lingkungan Pemprov Jateng berdasarkan ketentuan UU ASN?

Rahma mengatakan, dirinya akan menerapkan sistem NIP untuk pekerjaan paruh waktu (nomor induk pegawai) dan penuh waktu.

“Dari sekitar 14 ribu non-ASN yang terdaftar, kebijakannya yang lolos PPPC (penerima 2024) akan mendapat NIP penuh, selebihnya mendapat NIP tidak lengkap. Lama kelamaan akan ada pensiunan, akan digantikan. Jadi mereka akan maju,” katanya.

Rahmah mengimbau calon pelamar ASN, baik PNS maupun PPPK, dapat mengakses rekrutmen CASN 2024 melalui jalur resmi yang disediakan Pemerintah Daerah Jawa Tengah, yakni hotline WhatsApp CASN Help Desk +62812-960-0029 dan laman resmi. bkd”. .jatengprov.go.id”.

“Kami menghimbau kepada calon calon rekrutmen CASN 2024 untuk tidak mempercayai kebohongan atau orang yang mengaku layak menjadi pegawai negeri. Ikuti informasinya hanya melalui jalur resmi,” perintah Rahman. (sam/antara/jpnn) Jangan lewatkan video terbarunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *