Luncurkan IDChain & Aplikasi E.id, Pandi: Ini Kunci Indonesia Berdaulat Digital

saranginews.com, JAKARTA SELATAN – Pengelola Nama Domain (Pandi) Indonesia meluncurkan IDChain dan e.id pada acara Digital Sovereign Indonesia yang digelar di The Ritz-Carlton Hotel, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (16/5).

Kehadiran kedua layanan ini merupakan upaya Pandi menjaga keutuhan wilayah digital Indonesia.

BACA JUGA: Pada tahun 2023, Pandey mengatakan jumlah nama domain .id akan tumbuh menjadi yang tertinggi di negara-negara ASEAN.

IDChain adalah kertas putih tentang infrastruktur identitas digital terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain.

Layanan tersebut terkait dengan peluncuran bersama dengan Peruri.

BACA JUGA: PANDI Dukung UMKM Go Digital dan Tawarkan Tarif Khusus Akhir Tahun

Pandi juga mendorong kolaborasi penggunaan teknologi Blockchain sebagai identitas digital.

Ketua PANDI John Sihar Simanjuntak mengatakan identitas digital yang berintegritas merupakan salah satu kunci Indonesia berdaulat digital.

BACA: PANDY akhirnya bisa maju dan mengejar mimpinya

Menurutnya, blockchain adalah cara yang tepat untuk melakukan hal ini sebagai teknologi yang terdesentralisasi dan tidak dapat diubah.

“IDChain secara konseptual adalah jaringan blockchain yang dapat meningkatkan keamanan identitas digital dan memberikan pengguna kendali atas data pribadi mereka,” ujarnya.

Sementara itu, lanjutnya, aplikasi e.id merupakan dompet identitas untuk pengelolaan identitas digital dengan menggabungkan domain.id, alamat web3, dan dokumen identitas resmi.

“Seperti KTP dan paspor, akan menjadi identitas digital yang terintegrasi,” ujarnya.

Agenda Rapat Pandi 14: Digital Sovereign Indonesia akan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 16-17 Mei 2024.

Acara ini akan mencakup diskusi mengenai aspek manajemen, industri, dan teknis nama domain .id.

Disertakan juga hasil laporan Asia Pacific Domain Name System Forum (APAC DNS) 2024 dan aksara Bali untuk International Second Level Domain Names (SLD IDNs).

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiadi mengatakan Indonesia Digital 2045 dikaitkan dengan kedaulatan digital Indonesia.

Berdasarkan pemikirannya yang disampaikan dalam berbagai kesempatan, transformasi digital tentunya harus dilakukan melalui penyiapan sumber daya manusia dan teknologi.

“Dalam visi Indonesia Digital 2045, optimalisasi pemanfaatan teknologi digital nasional menjadi kunci terpenting,” ujarnya. (ddy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Pandi menghimbau Kadin dan Industri Indonesia untuk menggunakan domain .id sebagai identitas digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *