Lestari Moerdijat Sebut Banyak Hal Menguntungkan Jika Kesetaraan Gender Diwujudkan

saranginews.com, Jakarta – Wakil Ketua DPR Lestari Moerdijat mengatakan pencapaian kesetaraan gender harus terus didorong untuk mempercepat pencapaian tujuan pembangunan nasional yang lebih baik.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat melalui keterangan tertulis yang dirilis Selasa (14/5): “Jika kesetaraan gender didukung semua pihak dan dilaksanakan dengan baik, maka banyak hal bermanfaat yang bisa diraih negara ini.”

Baca Juga: Srikandi Indra Karya terus dorong kesetaraan gender

Ia mengatakan, berdasarkan catatan World Economic Forum (WEF), belum ada negara yang mencapai kesetaraan gender secara penuh.

Sementara itu, dalam forum di Davos, Swiss, Januari lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan kesenjangan gender berdampak pada perekonomian global.

Baca juga: Dukung Kesetaraan Gender, Pegadaian Edukasi Perempuan di Bidang Keuangan untuk Rayakan Hari Kartini

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, jika kesenjangan ini bisa dijembatani, maka potensi keuntungannya bisa mencapai $172 triliun, kata Lestari Moerdijat.

Forum Ekonomi Dunia mencatat dalam Laporan Kesenjangan Gender Global 2023, Indonesia mendapat skor 0,697 pada Indeks Kesenjangan Gender Global (GGGI).

Baca juga: Laporan Women in Business Grant Thornton 2024 mengungkap tantangan kesetaraan gender

Skor ini belum membaik dari tahun lalu, bahkan stagnan.

Berdasarkan empat dimensi utama laporan ini: pencapaian pendidikan, kesehatan dan kelangsungan hidup, partisipasi dan peluang ekonomi, serta pemberdayaan politik, Indonesia memperoleh skor tertinggi pada dimensi pencapaian pendidikan dengan skor 0,972.

Sebagai referensi, Indeks Ketimpangan Gender Forum Ekonomi Dunia memiliki sistem penilaian yang berkisar antara 0 hingga 1. Skor 0 menunjukkan kesenjangan gender yang besar dan skor 1 menunjukkan kesetaraan gender.

Lestari mengatakan Indonesia harus bisa mencapai kesetaraan gender, apalagi menurut sensus 2020, jumlah penduduk perempuan sebanyak 133,54 juta jiwa (49,42%).

“Indonesia juga berkomitmen untuk menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, yang salah satu tujuannya adalah mencapai kesetaraan gender,” kata Leary.

Reli, yang juga merupakan anggota parlemen dari daerah pemilihan kedua di Jawa Tengah, percaya bahwa upaya untuk mencapai kesetaraan gender di negara ini harus terus ditingkatkan seiring dengan banyaknya janji dan potensi manfaat yang dapat diwujudkan.

“Pemangku kepentingan di pusat dan daerah harus mampu bekerja sama untuk mencapai kesetaraan gender dalam setiap proses pembangunan,” tegas anggota Komite Tinggi NSD tersebut.

Leili mengatakan, hanya dengan cara itulah bangsa Indonesia dapat mempercepat terwujudnya tujuan pembangunan nasional, termasuk membangun masyarakat yang adil, setara, dan sejahtera. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *