Lestari Moerdijat Minta UMKM Harus Konsisten Tingkatkan Kualitas, Ini Tujuannya

saranginews.com, Jakarta – Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan kecil, Usaha menengah (UMKM) harus terus meningkatkan kualitas dan efisiensi sumber daya manusia (SDM), ujarnya.

Hal ini dilakukan guna menjawab berbagai tantangan.

Baca Juga: Lestari Moardijat: Pola hidup sehat harus menjadi perhatian bersama.

“Pelaku UMKM perlu segera mengatasi beberapa kendala untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar dapat beradaptasi dengan banyaknya tantangan tersebut,” tulis Lestari Moardijat, Selasa. (14/5).

Berdasarkan catatan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), pada akhir tahun lalu, 70,2% UMKM mengalami kendala dalam memasarkan produknya.

Baca juga: Lestari Moardijat: Hari Buruh Jadi Momen Komitmen Finalisasi RUU PPTT.

Selain itu, 51,2 persen pengusaha UMKM kesulitan mendapatkan permodalan. Sebanyak 46,3 persen mengaku kesulitan memenuhi kebutuhan bahan baku dan 30 persen kesulitan memanfaatkan teknologi digital.

Menurut Lestari, kendala-kendala tersebut perlu segera diatasi agar sektor UMKM Tanah Air dapat terus tumbuh dan berkontribusi terhadap perekonomian negara.

Baca juga: Lestari Moardijat Sebut Kesadaran Kesetaraan Gender Banyak Manfaatnya.

Ia mengatakan, peningkatan kualitas sumber daya manusia di sektor UMKM menjadi salah satu solusi untuk mengatasi berbagai kendala tersebut.

Mengapa, Rerie menekankan; Perubahan ekosistem dunia usaha yang dibarengi dengan perkembangan teknologi yang pesat memerlukan perubahan strategi yang tepat dari para pelaku UMKM.

“Perubahan tersebut memerlukan kreativitas dan peningkatan kapasitas dari para pelaku UMKM untuk beradaptasi,” ujarnya.

Anggota Majelis Tinggi Partai Nasdaq sangat berharap agar pemangku kepentingan baik di pusat maupun daerah dapat mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia sektor UMKM di sektornya masing-masing dan melanjutkan pertumbuhan kegiatan usaha di masyarakat. Menurut kejadian terkini.

Riri sangat berharap perekonomian kerakyatan dapat menjadi tulang punggung negara ini dalam upaya mewujudkan masyarakat adil dan makmur di seluruh Indonesia. (Jepang)

Baca artikel lainnya… Lestari Moardijat berkepentingan untuk mempromosikan gerakan gaya hidup sehat dalam skala besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *