Jelang Rakor Transmigrasi 2024, Kemendes PDTT Imbau Pemda Tuntaskan RPJMN 2020-2024

saranginews.com, Maksar – Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, Daerah Tertinggal dan Transisi (PDTT) meminta pemerintah daerah menuntaskan tujuan 2O2O-2O24 dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), percepatan penyelesaian tanah dan pengelolaan barang milik masyarakat (PMN). PR 2024 Koordinasi Nasional Transisi Masyarakat Makassar (RAKOR).

Sekadar informasi, Kemendes PDTT menggelar Rakor Transisi 2024 pada 5-8 Mei 2024 di Makassar.

Baca Juga: BTN Raih Penghargaan Bank Tabungan Terbaik di Thailand 2024

Sebelum rapat koordinasi, Sigit Mustafa, PDTT Departemen Pembangunan Kawasan Transmisi (PKTrans), Kementerian Perdesaan melakukan koordinasi sebelum rapat koordinasi (Pra Koordinasi).

Para kepala dinas mendengarkan dengan seksama instruksi Sekretaris Jenderal Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Migrasi.

Baca Juga: Sanra Bangun Pabrik Motor Listrik Terbesar Dengan Investasi $120 Juta

Dalam rapat prakonsolidasi tersebut, Sijit menyampaikan beberapa hal antara lain penyelesaian target RPJMN 2O2O-2O24, percepatan penyelesaian, dan pengelolaan barang milik negara (BMN).

SIGIT mengeluarkan peraturan baru. 19 Tahun 2024 terkait peralihan.

Baca juga: Deteksi Dini Penyebaran Ekstremisme, BNPT Gandeng PDTT dan Kementerian Perdesaan Siapkan Desa Sukses.

Peraturan tersebut kemudian akan menjadi modal penting bagi upaya pengembangan dan perbaikan transmisi modern di masa depan.

“Kami meminta seluruh gugus tugas penerima dana kegiatan bantuan dan pengayaan kegiatan transisi migrasi pada tahun 2024 untuk segera mempercepat pengadaan barang dan jasa serta menyusun Rencana Pembangunan Daerah (RPD) untuk mempercepat penganggaran,” kata Sijit.

Pra-RAQOR ini merupakan rangkaian acara Rapat Koordinasi Transisi Tahun 2024 yang dilaksanakan pada tanggal 5-8 Mei 2O24 di Makassar.

Rapat koordinasi akan dibuka langsung hari ini Senin (6/5) oleh Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa PDTT.

Rakornas Transisi Migrasi Tahun 2024 mengangkat tema “Pencapaian tujuan Rencana RPJMN 2O2O-2O24: Mewujudkan Kawasan Migrasi yang Mandiri dan Kompetitif”.

Beberapa tujuan rakor transisi tahun 2024 antara lain mengkoordinasikan kinerja antarlembaga dalam mencapai tujuan RPJMN 2O2O-2O24, menyelaraskan program revitalisasi daerah dengan kebutuhan pembangunan daerah dan arah kebijakan, serta menjajaki peluang relokasi modern, kata Sijit. Sumber alternatif pembiayaan dan pengembangan ekonomi perikanan.

Selain PDTT Kementerian Perdesaan, Rakor Transisi 2024 juga menghadirkan sumber daya dari kementerian/organisasi lain termasuk Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/PAPNAS dan Subkementerian Pembangunan Daerah.

Kemudian Direktur Jenderal Pengelolaan Pertanian Kementerian Pertanian dan Tata Ruang/Organisasi Pertanahan Nasional; Direktur Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat; dan Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pembahasan dilakukan oleh Wakil Sekretaris Bidang Pembangunan Perdesaan, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Pemukiman Kembali Sekretariat Kabinet RI (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *