Irjen Iqbal: Bhara Daksa 91 Bersaudara Selamanya

saranginews.com, PALEMBANG – Ketua Bhara Daksa 91 Irjen Mohammad Iqbal mengatakan, mantan mahasiswa Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan 1991 itu akan tetap bersaudara.

Keterbukaan itu diungkapkan Iqbal di Kota Palembang saat acara pelantikan 13 alumni Akpol 1991, Sabtu (5/5).

BACA JUGA: Tess Bhara Daksa 91 Pensiunan Teman: Penuh Teman dan Keluarga

“Kita semua sangat bangga bisa sampai di titik ini dan masih bersaudara, satu keluarga besar,” kata Iqbal.

13 putra terbaik bangsa Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 atau Bhara Daksa angkatan 91 akhirnya hilang setelah 33 tahun mengabdi.

BACA JUGA: Selamat, 12 Alumni Akpol Bhara Daksa Masuk Bebas Disabilitas

Mereka pun dilepas rekan-rekannya sebagai bentuk solidaritas dan dukungan agar alumni tetap menjadi bagian hidup selamanya.

Dalam tradisi adu pedang dengan petugas Bhayangkara ini, diikuti masing-masing 91 orang alumni Akpol beserta istri.

BACA JUGA: Kapolda NTT Pimpin Upacara Pemakaman Meninggalnya Bharatu Boniface Jawa

Hadir pula Kabareskrim Polri Kombes Pol Wahyu Widada, Pembantu Irjen Pol Prabowo Argo Yuwono, Irjen Divisi Pol Syahardiantono Propam, Irjen Wakabaintelkam Polri Merdisyam, Irjen Pol Rusdi Wilayah Jambi. Hartono, serta General Manager. Hadir pula Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo Akpol 1993 sebagai tuan rumah acara purnabakti ini di Polda Sumsel.

Iqbal mengatakan pensiun bukanlah akhir dari masa pensiun, melainkan awal dari pengabdian dalam bidang kehidupan lainnya. Kapolda Riau juga mengatakan, para mantan mahasiswa akan terus membantu dan mendampingi sesama pensiunan.

“Belum seperti dulu, saat kita semua berkumpul di Barak Akpol Candi Baru Semarang. Menjadi pelajar. Tertawa bersama, dihukum bersama, menggerutu bersama, berjuang bersama. Pendidikan yang menguatkan solidaritas kita,” kata Iqbal dalam sambutannya.

Iqbal dan rekan-rekannya di Akpol 91 menyadari, tidak mudah untuk melucuti senjata kawan pensiunan tersebut. Namun, Iqbal menilai masa pensiun tersebut merupakan sebuah perpisahan.

“Berhentilah sejenak, lalu pikirkan apa yang telah kita lakukan dengan waktu dan kesempatan yang diberikan kepada kita,” kata Iqbal.

Mantan Panglima Divisi Humas Polri ini juga memastikan, acara tersebut ke depan akan digelar untuk melepas kawan-kawan purnawirawan secara rutin. Iqbal mengatakan pelepasan masa pensiun ini merupakan yang pertama bagi Bhara Daksa. Senada, Iqbal menegaskan, kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh alumni Polri dan mungkin baru pertama kali dilakukan oleh organisasi alumni di Indonesia.

“Nanti kita lakukan di kota lain. Saya tinggalkan sampai terakhir kali karena saya salah satu generasi termuda saat saya lahir. Tapi semangatnya tetap sama.

Di antara mereka yang pensiun adalah Irjen Polisi Krisnandi, Brigjen Polisi Nyoman Lastika, Brigjen Polisi Ghiri Prawijaya, Brigjen Harianta, Kompol Endro Kiswanto, Kompol Ahmad Tarmizi, dan Kompol Godhelp Cornelis Mansembra.

Kemudian Kombes Pol Alex Fauzi Rasad, Kombes Pol Drs Imam Prakoso, Kombes Pol Daniel Yudo Ruhoro, Kombes Pol Supeno, Kombes Pol Fatori dan Kombes Pol I Made Wijana. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAIN… Milenial Pakpak Bharat mengapresiasi upaya Srikandi Ganjar memperkenalkan masakan daerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *