Hadiri Puncak Peringatan HUT Ke-44 Dekranas, Tyas Fatoni Turut Kenalkan Wastra Sumsel

saranginews.com, SURAKARTA – Ketua Eksekutif Dewan Kesenian Nasional (Dekranasda) Sumatera Selatan (Sumsel) Tyas Fatoni menghadiri acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kesenian Nasional (Dekranas) ke-44.

Acara yang dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo ini berlangsung pada Rabu (15/5) di Alila Solo, Jawa Tengah.

Baca juga: Tyas Fatoni dukung perwakilan Sumsel ikuti Jambore Nasional PKK 2024

Iriana tiba sekitar pukul 09.00 WIB dengan mengenakan kebaya osan.

Ada pula sejumlah pejabat perempuan, seperti Ketua Umum Dekranas Wury Maruf Amin, dan Ketua Harian Dekranas Tri Suswati alias Tri Tito Karnavian.

BACA JUGA: Ketua TP PKK Tyas Fatoni terpilih sebagai Ketua Pembina Posyandu Kabupaten se-Sumsel

Termasuk juga seluruh anggota Organisasi Aksi Solidaritas Dewan Indonesia Maju (OASE KIM).

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Negara mengucapkan selamat ulang tahun Dekranas ke-44 dan juga mengucapkan selamat kepada pengurus Dekranas, Ketua Dekranas seluruh Indonesia serta para tamu yang datang.

BACA JUGA: Tyas Fatoni menunjuk Triana Sandi Fahlepi sebagai Ketua TP PKK Muba

“Bismillahirrahmanirrahim, acara ini saya buka,” kata Presiden saat membuka acara, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada ketua umum Dekranas.

Sementara itu, Wury Ma’ruf Amin berharap Dekranas dapat mempekerjakan perajin lokal dan meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan bahan-bahan yang disediakan alam.

Hal ini juga sesuai dengan tema yang diusung yaitu ‘Back to Nature’.

“Sehingga Dekranas bisa menjadi penggerak dan wadah bagi perajin lokal untuk mampu bersaing dengan bahan alam,” kata Wury.

Sementara itu, Wakil Ketua Dekranasda Sumsel Tyas Fatoni mengatakan di usianya yang ke-44 ini, pihaknya bertekad mendorong kemajuan para perajin di Bumi Sriwijaya agar selalu kreatif dan mampu berkarya dalam berkarya sutera hingga ke tingkat yang lebih tinggi. terbaik.

“Dalam rangka memperingati hari jadi Dekranas, kami (Sumatera Selatan) mengikuti pameran Dekranas dan mempersembahkan wastra Sumsel kepada masyarakat. Wastra Sumsel yang selalu menggunakan bahan-bahan alami dalam proses dan proses pewarnaannya, baik kaidah busana maupun kaidahnya. Warna ini sesuai dengan prinsip “Back to Nature”, kata Tyas Fatoni.

Rangkaian acara HUT Dekranas ke-44 juga akan dimeriahkan dengan parade kerajinan dan kendaraan hias tradisional.

Selain itu juga diadakan pameran produk-produk berkualitas di setiap daerah dan pelatihan bagi para perajin. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *