Gunung Ibu di Halmahera Erupsi, Abu Melambung sampai 2.000 Meter

saranginews.com, Jakarta – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara, meletus pada Rabu pukul 01.58.

Kolom abu berada sekitar 2.000 meter di atas puncak.

Baca Juga: Gunung Ibu Erupsi di Maluku Utara Keluarkan Abu Vulkanik Setinggi 1 Kilometer

Gunung Ibu yang berada pada ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut ini terletak di barat laut Pulau Halmahera dan berstatus Level II (Peringatan).

Puncak gunung berapi aktif berupa kawah dengan lebar 1 kilometer dan kedalaman 400 meter, serta lebar bagian luarnya 1,2 kilometer.

Baca Juga: Letusan Gunung Ibu di Maluku Utara memuntahkan abu setinggi 1.000 meter

Melansir laman Magma Indonesia, gumpalan abu berwarna abu-abu hingga hitam dengan intensitas kuat ke arah timur dan tenggara.

Ledakan tersebut terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi 127 detik.

Masyarakat di sekitar gunung, termasuk wisatawan, diimbau untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius dua kilometer dan zona 3,5 kilometer yang memanjang ke arah bukaan kawah di sisi utara kawah aktif.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang bekerja di luar ruangan diimbau menggunakan alat pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata).

Masyarakat diminta untuk selalu mengikuti instruksi pemerintah setempat.

Semua pihak diimbau menjaga suasana positif, tidak menyebarkan narasi bohong dan tidak terprovokasi oleh isu-isu yang tidak jelas asal usulnya.

(Pada tanggal 28 April 2024, Gunung Ibu mengalami delapan kali gempa erupsi, dua kali gempa guguran, 43 kali gempa susulan, enam kali gempa harmonik, satu kali gempa puting beliung, 451 kali gempa vulkanik dangkal, delapan kali gempa dalam, dan 22 kali gempa jarak jauh).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *