FIBA Minta Indonesia Jadi Kandidat Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Basket U-19

saranginews.com, JAKARTA – Federasi Bola Basket Internasional FIBA ​​​​​​kembali melihat potensi Indonesia sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Bola Basket.

Hal itu disampaikan Pengurus Pusat FIBA ​​Ingo Weiss dan jajarannya yang melakukan audiensi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo pada Kamis (02/05/2024).

BACA JUGA: Andalkan Pemain Muda, Srikandi Merah Putih Absen di Panggung Utama FIBA​​3X3 Asia Cup 2024

“Kami memilih Indonesia menjadi calon tuan rumah Piala Dunia FIBA ​​U-19 tahun 2027,” kata Ingo Weiss yang diantar ke hadapan penonton oleh pengurus Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi).

Menurut Ingo, pilihan tersebut tidak lepas dari keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Bola Basket FIBA ​​​​bersama Filipina dan Jepang pada tahun 2023. Saat itu, FIBA ​​​​meyakini Piala Dunia FIBA ​​​​2023 di Indonesia adalah yang terbaik.

BACA JUGA: Dihancurkan Sri Lanka, Tim Basket Putra 3×3 Indonesia Berjuang Lolos ke Tur FIBA​​​​Asia Main 2024

“Kami di sini di Piala Dunia FIBA ​​2023 dan kami merasakan atmosfer yang luar biasa untuk olahraga bola basket. Kami tahu banyak orang yang antusias dengan bola basket, semua orang di sini sangat menyukai bola basket,” jelas Ingo.

Berbeda dengan Piala Dunia FIBA ​​kategori senior, Piala Dunia U-19 otomatis memperbolehkan tuan rumah ikut serta dalam turnamen tersebut. Tidak perlu melalui tahap kualifikasi terlebih dahulu.

BACA JUGA: FIBA​​​​​​Piala Asia 2024, Timnas Basket 3×3 Indonesia Andalkan Pemain Muda

Namun Indonesia tidak memungut biaya hosting jika menjadi tuan rumah. Meski demikian, Indonesia tetap memiliki kewajiban terkait tata kelola dan pengelolaan panitia penyelenggara.

Lebih lanjut, Ingo menjelaskan pertimbangan lain pencalonan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-19 adalah terkait rencana FIBA ​​membuka kantor di Jakarta pada tahun ini. Menurut Ingo, hal ini akan memudahkan penyelenggaraan Piala Dunia di Indonesia.

“Indonesia juga menunjukkan perkembangan yang signifikan di bidang infrastruktur olahraga, khususnya bola basket,” tambah Ingo merujuk pada arena Indonesia yang dijadwalkan menjadi tuan rumah Olimpiade 2023.

Menpora Dito menyambut baik timnas Indonesia yang diajukan FIBA ​​​​sebagai calon tuan rumah Piala Dunia U-19. Dalam hal ini, Menteri Pemuda dan Olahraga FIBA ​​Perbasi mengumumkan Indonesia pasti akan mengikuti kompetisi tersebut.

“FIBA memberi kita angin segar karena sepertinya mereka juga ingin Piala Dunia U-19 digelar di Asia,” kata Menpora.

Menpora Dito mengatakan Indonesia pasti menargetkan menjadi tuan rumah kejuaraan kelas dunia di tahun-tahun mendatang. Khususnya pada kategori pemuda yang juga menjadi ajang pengembangan talenta-talenta baru tanah air.

“Indonesia mempunyai basis olahraga yang bisa digunakan untuk Kejuaraan Dunia. Tidak harus di Jakarta, tapi bisa di kota lain di Indonesia,” tambah Menpora.

Sementara itu, Presiden Jenderal (Ketum) Perbasi Danny Kosasih mengapresiasi kepercayaan FIBA ​​terhadap timnas Indonesia sebagai calon Piala Dunia U-19 FIBA. Apalagi jika Indonesia terpilih menjadi tuan rumah, otomatis mereka lolos ke kejuaraan.

Jadi Perbasi harus segera mempersiapkan tim untuk berangkat ke sana jika Piala Dunia U-19 digelar di Indonesia, kata Danny.

Menpora Dito turut serta Staf Khusus Bidang Peningkatan Kinerja dan Pengembangan Industri Olahraga Ardima Rama Putra serta Staf Khusus Bidang Kepatuhan Hukum dan Tata Kelola Alvin Saptamandra Suryohadiprojo. (dll./jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *