Bea Cukai Kawal Potensi Ekspor UMKM di 2 Wilayah Ini Lewat Asistensi 

saranginews.com, JAKARTA – Bea dan Cukai terus mendorong usaha kecil dan menengah untuk mengembangkan usahanya melalui dukungan dan informasi.

Rabu (24/4), Bea dan Cukai Bogor memberikan dukungan kepada pengrajin UMKM bumerang asal Sukabumi, Acun Bumerang.

BACA JUGA: Bea Cukai dan Polisi Hancurkan Laboratorium Narkoba di Bali, 4 Tersangka Ditangkap, WNA di Sana

Seiring berjalannya waktu, bumerang tidak hanya digunakan sebagai senjata saja, namun juga diikutsertakan dalam kompetisi internasional.

Selain itu, banyak orang yang memanfaatkan bumerang sebagai hiasan dinding.

BACA JUGA: Pejabat Bea dan Cukai Malang mulai ekspor perdana pupuk organik kotoran sapi ke Timor-Leste

Memanfaatkan peluang pasar ini, Acun Bumerang mulai memasarkan bumerangnya di pasar internasional.

“Kami yakin Acun Boomerang bisa tumbuh semakin besar. Selain berbagai sumber daya pemerintah, kami berharap industri ini bisa naik ke level berikutnya dan turut serta mendukung pertumbuhan perekonomian negara,” ujar Encep Dudi Ginanjar, Wakil Direktur Jenderal Acun Boomerang. Humas dan Penyuluhan Bea Cukai.

BACA JUGA: Bea Cukai dan Pajak Malang Terbitkan Izin Fasilitas IKM KITE untuk PT Majoin Conness Indonesia

Ia mengatakan, melalui Bea dan Cukai Bogor, pihaknya mendorong Acun Bumerang untuk melakukan impor dan ekspor secara mandiri agar lebih menghemat biaya.

Selain itu, Acun Bumerang juga dapat mengoptimalkan sumber daya IKM KITE Kepabeanan karena produk utama penjualannya berada di luar negeri dan beberapa bahan baku harus diimpor, salah satunya kayu lapis.

“Acun Bumerang sudah rutin mengekspor produknya ke berbagai negara seperti Australia, Jerman, Amerika Serikat, dan Arab Saudi, sehingga kami yakin ekspor mandiri itu penting dan akan membantu,” ujarnya.

Sementara itu, Dinas Bea dan Cukai Daerah (Sumbagbar) Sumbar bersama Dinas Bea dan Cukai Bandar Lampung melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha kecil dan menengah di Provinsi Lampung melalui talkshow yang diselenggarakan oleh Departemen Dekranasda Lampung.

Bea dan Cukai memberikan panduan ekspor lengkap bagi usaha kecil dan menengah untuk lebih memahami prosedur ekspor dan mendiskusikan berbagai hambatan ekspor. (Jepang)

BACA PASAL LAINNYA… Bea dan Cukai memberikan dukungan ekspor melalui kegiatan CVC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *