Ratusan Jemaah Haji Indonesia Mulai Diberangkatkan ke Tanah Suci

saranginews.com – TANGERANG – Jamaah haji Indonesia periode haji 1445 Hijriah/2024 M mulai diberangkatkan ke Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi, pada Minggu (5/12).

Sebanyak 388 jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam embarkasi Jakarta-Pondok Gede gelombang pertama, meninggalkan Tanah Suci melalui Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

CATATAN JUGA: Ini merupakan board pemberangkatan pertama jamaah haji dari Bandara SMB II Palembang

Keberangkatan 388 calon haji ini diumumkan langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang didampingi Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Faisal Abdullah Al Amudi.

Ratusan jamaah haji tersebut merupakan bagian dari pemberangkatan gelombang pertama dari Jakarta yang didominasi jamaah jaman dahulu.

Baca juga: Sambut Musim Haji, InJourney Airports Siapkan 13 Bandara Keberangkatan dan Kedatangan.

Selepas pemberangkatan, para jamaah haji disaring jalur cepat migrasi dari Arab Saudi.

Menag Yaqut terlihat menyapa jemaah di ruang tunggu untuk keluar dan memeriksa IGD.

BACA JUGA: Pertamina Patra Niaga konfirmasi ketersediaan Avtur untuk penerbangan Haji 2024

“Malam ini bersama Dubes Arab Saudi untuk melihat cepatnya proses di Bandara Soetta, dan tidak bisa dilihat lebih dari 2 menit, jadi cepat sekali. jamaah haji di Terminal 2 Bandara Soetta Tangerang, Minggu.

Menurut dia, jumlah pengunjung tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Menag Yaqut menambahkan, pemberangkatan perdana jemaah haji hari ini berasal dari empat negara, yakni Jakarta 388 jemaah, Jawa Barat 870 jemaah, Banten 435 jemaah, dan Lampung 388 jemaah yang terbagi dalam lima kloter pemberangkatan.

“Sekarang (tahun ini) jamaahnya 8.700 orang dengan 22 rombongan pengungsi, dan Insya Allah rumah kami sudah siap, saya cek di sana kemarin,” ujarnya.

Menag Yaqut menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Arab Saudi yang telah menyediakan dan mengintegrasikan layanan cepat bagi jemaah haji Indonesia.

Mulai tahun ini, lanjutnya, tol tersebut akan diterapkan di bandara Juanda, Surabaya, dan Adi Soemarmo Surakarta.

“Ini merupakan upaya bersama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat. Mulai dari Jakarta, Solo, dan Surabaya,” ujarnya. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *