Prabowo Bicara Program Makan Siang Gratis di Hadapan Investor Asing

saranginews.com – QATAR – Presiden terpilih Prabowo Subianto kembali angkat bicara soal program makan siang gratis di sekolah dan program peningkatan gizi ibu hamil dan anak.

Kali ini, Prabowo berbincang dengan investor asing, praktisi ekonomi, dan perwakilan negara asing di Doha, Qatar.

BACA JUGA: Ditemani Jokowi di Kunker, Kodari: Saya Kaget Saat Diundang

Ia yakin APBN Indonesia mampu mendanai program-program prioritasnya, termasuk makan siang dan susu gratis.

Prabovo optimistis pemerintahannya mampu menjaga defisit APBN tidak lebih dari 3 persen jika mengalokasikan anggaran untuk program prioritas dimaksud.

BACA JUGA: Pertambahan jumlah kementerian penting untuk mempertimbangkan 2 hal

“Kami sedang menyelidiki hal ini. “Angkanya sudah kami hitung dan kami yakin bisa mencapainya,” kata Prabovo.

Hal itu disampaikannya saat menjawab pertanyaan jurnalis senior Haslinda Amin pada Forum Ekonomi Qatar di Doha, Qatar, Rabu (15/5).

BACA JUGA: Herman Heron menilai wacana revisi UU Departemen Luar Negeri masuk akal

Acara dapat disaksikan di Bloomberg TV di YouTube live di Jakarta.

Dalam pemaparannya, Prabowo menyampaikan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki rasio utang terhadap PDB yang rendah.

Prabowo juga menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara yang mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam mengelola urusan fiskalnya.

“Iya tiga persen, tapi tiga persen juga sembarangan.” “Tidak banyak negara yang menetapkan batasan ini, tapi Indonesia adalah negara yang memiliki tradisi untuk selalu berhati-hati dalam mengelola urusan fiskalnya,” kata Prabowo.

Menurut Prabov, Indonesia merupakan salah satu negara dengan rasio utang terhadap PDB terendah di dunia.

Saya kira ini saatnya untuk lebih berani, tentunya dalam menerapkan tata kelola yang baik,” ujarnya.

Lanjutnya, ada beberapa strategi pengelolaan anggaran agar dapat dimanfaatkan secara maksimal, antara lain mendanai program makan siang dan susu gratis.

“Kami sudah menghitungnya dan ada metode untuk mengalihkan dan mengurangi anggaran untuk program-program yang tidak penting.” “Ini soal efisiensi, tata kelola yang baik, regulasi dan tata kelola yang baik,” katanya.

Lanjutnya, pemerintahan saat ini dipimpin Presiden Joko Widodo telah menerapkan digitalisasi dan komputerisasi di berbagai layanan pemerintah termasuk pengadaan publik.

Prabowo bertekad melanjutkan hal tersebut karena digitalisasi dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi kebocoran anggaran.

“Kita bisa menghemat banyak uang dengan mengurangi jumlah uang yang tidak perlu, dan itu akan menambah pertumbuhan, yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Jadi ya, kami sangat yakin,” ujarnya.

Prabowo Subjanto dan pasangannya Jibran Rakabuming Raka dilantik KPU sebagai presiden dan wakil presiden pada 24 April 2024.

Pasangan Prabowo-Gibran akan resmi menjabat sebagai Presiden-Wakil Presiden RI periode 2024-2029 setelah mereka dilantik pada 20 Oktober 2024.

Sejak terpilih menjadi presiden terpilih, Prabowo telah mengunjungi beberapa negara untuk bertemu dengan kepala negara dan pemerintahan negara mitra Indonesia.

Beberapa negara yang dikunjungi Prabowo adalah China, Jepang, Malaysia, Uni Emirat Arab, dan Qatar.

Prabowo tiba di Qatar pada Selasa (14/5), sehari setelah menerima undangan sebagai pembicara khusus sebagai presiden terpilih Forum Ekonomi Qatar. (Antara/jpnn) Jangan lewatkan video terbarunya:

BACA ARTIKEL LAINNYA… Luhut memberi nasehat kepada Prabov: Belilah kapal penelitian dengan peralatan modern

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *