Menteri Basuki: Rumah Dinas Menteri di IKN Selesai Juli 2024

saranginews.com – KALTIM – Progres pekerjaan rumah dinas 36 menteri RI di ibu kota kepulauan Kalimantan Timur (IKN) itu mencapai 87 persen, kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Istana Menteri di IKN ditargetkan selesai pada Juli 2024.

“87 persen, tapi bulan Juli pasti ada 36 rumah,” kata Menteri Basuki saat meninjau rumah dinas di Kawasan Primer Pemerintah (KIPP) di IKN, Kalimantan Timur, Selasa (7/5).

Baca juga: IKN Yakinkan Kemajuan Positif Pasokan Energi

Mulai dari material fisik hingga desain interior, rumah empat kamar dua lantai ini menggunakan produk lokal, kata Menteri Basuki. Oleh karena itu, kata dia, hal ini mendorong Program Standar Produk Dalam Negeri (TKDN) menjadi lebih baik. “TKDN bukan satu-satunya sistem rumah yang baik,” ujarnya.

Ia mengatakan, pembangkit listrik tenaga surya (PLS) berkapasitas 6.600 watt tersebut digunakan untuk menyuplai listrik ke rumah menteri dan memenuhi seluruh kebutuhan listrik rumah dinas.

Baca juga: IKN, RK Sebut Persediaan Bantuan Selesai di HUT ke-79 RI

Selain itu, Basuki memastikan air dari waduk KIPP cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah dinas dan air yang diberikan langsung dapat diminum.

Menteri Basuki sebelumnya mengatakan Gedung Pemerintahan dan Kantor Presiden di IKN, Kalimantan Timur saat ini sedang menjalani pengerjaan desain interior.

Baca Juga: Jumlah ASN di IKN PPPK Lebih Banyak Dibanding PNS, Ini Datanya, Jauh.

“Istana sudah selesai 67 persen dan akan selesai bulan Juni, sekarang pekerjaan arsitektur, pekerjaan interior, ukiran dan lain sebagainya, Kantor Presiden sudah selesai lebih dari 80 persen, jadi Insya Allah semua akan selesai di bulan Juni. , ”ujarnya sambil meninjau prasarana kawasan istana. Presiden (KIP) IKN, Senin (6/5/2024).

Barang-barang yang dijadikan interior Gedung Negara dan Kantor Presiden, menurut Basuki, umumnya berasal dari dalam negeri, antara lain lampu dan ukiran dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Boyolali. (antara/jpnn) Video terpopuler hari ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *