Harga TBS Sawit Mitra Plasma di Riau Turun, Jadi Sebegini

saranginews.com, RIAU – 2024 8-14 Mei Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit mitra plasma di Provinsi Riau kembali turun.

Penurunan harga tersebut ditetapkan pada tahun 2024, berdasarkan hasil rapat penetapan harga yang dilakukan Dinas Perkebunan Provinsi Riau bersama tim penetapan harga pada Selasa 7 Mei.

BACA JUGA: Harga TBS Sawit di Riau Terus Naik, Petani Tersenyum

Defris Hatmaja, Kepala Dinas Pengolahan dan Pemasaran Disboon Provinsi Riau, mengatakan kelompok umur 9 tahun mengalami penurunan harga paling besar yaitu Rp37,42 per kilo atau 1,31% dari harga minggu lalu.

“Sehingga harga beli BBB di petani akan turun menjadi Rp2.822,95 per kilo pada minggu depan,” kata Defris, Selasa (7/5).

BACA JUGA: Kabar baiknya, harga sawit stabil di Rp 2.000 per kilo

Beberapa faktor menyebabkan penurunan harga ini. Salah satunya adalah penurunan harga CPO.

Harga CPO lokal turun rata-rata Rp82,33 per kg pada minggu ini dari Rp12.170,00 per kg menjadi Rp12.087,67 per kg, lanjutnya.

BACA JUGA: Bea Cukai Berikan Layanan TPB ke Perusahaan Pengolahan Kelapa Sawit Ini

Meskipun harga TBS mengalami penurunan, Dinas Perkebunan Provinsi Riau dan tim penetapan harga terus berupaya menjaga harga tetap sesuai peraturan dan adil bagi kedua mitra.

Upaya ini diwujudkan melalui perbaikan manajemen harga dan didukung oleh Pemerintah Provinsi Riau dan Kejaksaan Tinggi Riau.

“Dengan komitmen bersama ini diharapkan pendapatan petani sawit meningkat dan berujung pada kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. (mcr36 / jpnn)

BACA ARTIKEL SELENGKAPNYA… Harga TBS Sawit Mitra Plasma sedang naik di Riau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *