Wamenaker Afriansyah: KKIN Ajang Bagi Para Instruktur untuk Tingkatkan Kompetensi

saranginews.com, PADANG – Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor pada Minggu (5/5) membuka resmi Kompetensi Keterampilan Mengajar Nasional (KKIN) IX 2024 tingkat wilayah Wilayah Barat I.

Kegiatan ini digelar Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) hingga 9 Mei.

BACA JUGA: Halalbihalal PW Prika, Menaker Ida Apresiasi Komitmen Kemnaker pada Pensiunan

Dalam sambutannya, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor menyampaikan bahwa KKIN merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing dengan kompetensi teknis dan metodologi pendidik seluruh Indonesia.

KKIN ini dilaksanakan tidak hanya bagi pelatih lembaga pelatihan negeri, namun juga bagi pelatih lembaga pelatihan swasta, perguruan tinggi, dan industri.

BACA JUGA: Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah meyakini 3 hal ini menjadi kunci sukses karier dan kehidupan

“KKIN merupakan kegiatan kompetitif yang dilaksanakan secara terstruktur dan sistematis yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pendidik yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengukur, meningkatkan dan mendistribusikan pengembangan kompetensi terpadu secara merata,” kata Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor dalam keterangannya. Senin (6/5).

Ia berharap dengan adanya acara KKIN seperti ini dapat meningkatkan semangat para pelatih atau tenaga pengajar, sehingga dapat meningkatkan daya saing di bidangnya.

Pasalnya, pelatih merupakan pelaku utama pelatihan kerja yang mendorong perluasan pengetahuan dan keterampilan, serta mengubah sikap dan perilaku (etos kerja) tenaga kerja.

“Hanya generasi muda yang cerdas, berakhlak mulia, jujur, dan berdaya saing yang dapat mengembangkan sumber daya manusia yang unggul untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara yang sejahtera dan maju,” tutupnya. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *