Peringati Hardiknas 2024, Sekda Jateng: Momentum Tingkatkan Kualitas Pendidikan

saranginews.com, Pemlang – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardikanas) tahun 2024 tingkat provinsi Jawa Tengah dipusatkan di Kabupaten Pemlang.

Berbagai acara digelar untuk menggalakkan program tersebut, mulai dari festival, pameran karya hingga Kompetisi Prestasi Mahasiswa (LKS) yang diikuti ribuan mahasiswa.

Baca Juga: Nadeem Makarim Tawarkan Kemerdekaan Belajar di Hari Pendidikan Nasional 2024

Sumerno, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, mengatakan pendidikan mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sehingga dapat mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045.

“Peradaban suatu bangsa tidak lepas dari mutu pendidikan, sehingga perayaan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 diharapkan dapat menjadi gerakan peningkatan mutu pendidikan di Jawa Tengah.” Kata Hari Pendidikan. Kamis (2/5/2024) Upacara Peringatan Hari Pendidikan di Lapangan Pemlong

Baca juga: Hardiknas 2024, Ketua Komisi x DPR: Pendidikan Indonesia masih menghadapi tantangan besar

Menurut Sumaro, sebanyak apapun sumber daya alam yang kita miliki, jika sumber daya manusia tidak mampu mengelolanya dengan baik maka negara tidak akan bisa mencapai apa yang diinginkannya.

Oleh karena itu, sumber daya manusia merupakan mitra utama bagi kemajuan negara

Baca Juga: Hardiknas 2023: Karnaval Hadirkan Episode Merdeka 24MB Belajar di Yogikar

Sumarno mengatakan, anak-anak yang bersekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA akan memegang peranan penting di masa depan.

Merekalah calon-calon pemimpin yang akan mengarahkan kapal kemajuan negara

Dikatakannya, kita berharap ini menjadi sebuah gerakan yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan sumber daya manusia demi kemajuan Indonesia.

Sumerno menjelaskan Pemprov Jateng berkomitmen meningkatkan pendidikan di wilayahnya. Berbagai program telah dimulai untuk melakukan hal ini.

Salah satunya adalah pengembangan sekolah vokasi atau profesi Program tersebut bertujuan untuk mengurangi pengangguran di Jawa Tengah

Ia berharap lulusan sekolah bisnis dapat berwirausaha sendiri Sebab lulusan SMK bisa membuka usaha dan menciptakan lapangan kerja

“Kami mendukung banyak sekolah bisnis untuk mengembangkan wirausaha sehingga bisa membuka usaha setelah lulus,” kata Sumerno.

Usai upacara, Sumaro langsung menuju halaman Gedung DRP Pemalang untuk meluncurkan Lomba Kualifikasi Siswa (LKS) SMK ke-32 dan Pameran Produk Provinsi Jawa Tengah.

Terdapat 35 stand yang menampung ratusan SMK yang memamerkan produknya seperti fashion, hasil pertanian, dan kerajinan tangan.

Sebanyak 1.032 siswa SMK mengikuti LKS ini Sebanyak 47 bidang akan dipertandingkan pada ajang yang digelar pada 2-4 Mei 2024 tersebut.

Antara lain menampilkan produk pengajaran praktis dan inovatif dari 140 SMK kategori Sekolah Kejuruan Bisnis Mandiri (OSMAN), dan sekolah kejuruan penyelenggara pendidikan berbasis pabrik (TEFA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *