Ini Daftar Pemenang Anugerah Syiar Ramadan 2024

saranginews.com, JAKARTA – Kementerian Agama dan Komisi Penyiaran Indonesia mengumumkan pemenang Syiar Ramadhan 2024.

Acara ini merupakan ajang pemberian penghargaan kepada program radio religi terbaik selama bulan Ramadhan.

BACA JUGA: Formasi CPNS dan PPPK Kemenag 2024 dengan guru terbanyak, peluang mendapat kehormatan besar

Direktur Penerangan Keagamaan Islam, Direktur Pembinaan Umat Islam, Ahmad Zayadi mengatakan, Anugerah Syiar Ramadhan 2024 mengusung tema

“Menumbuhkan Persatuan Melalui Siaran Ramadhan yang Keren”. Menurutnya, tema ini mendorong para lembaga penyiaran untuk menghadirkan tayangan berkualitas yang menyejukkan dan menyehatkan selama bulan Ramadhan.

BACA JUGA: Kementerian Agama: 75.572 Visa Jamaah Haji Reguler Telah Terbitkan

“Penghargaan Syiar Ramadhan diberikan untuk meningkatkan kesadaran para lembaga penyiaran dalam mempromosikan program radio yang tidak hanya sehat tetapi juga berkualitas. “Kami ingin program radio keagamaan yang dapat memperkuat pemahaman dan pengamalan keagamaan yang moderat, tentunya dengan intuisi etnis yang kuat,” kata Zayadi di Jakarta, Kamis (5/9).

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Seni Budaya dan Penyiaran Keagamaan Islam Wida Sukmawati mengatakan, acara Anugerah Syiar Ramadhan tahun ini mencakup 394 program radio.

BACA JUGA: Tingkatkan literasi, Kemenag siapkan 25 tema khutbah Jumat 2024

Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 303 program.

“Animo peserta Anugerah Syiar Ramadhan tahun ini cukup tinggi. Terjadi peningkatan jumlah program sebanyak 90 program, juga didaftarkan oleh 80 lembaga televisi dan radio. Sementara program radio ada sekitar 300 program,” ujar Wida.

Wida mengungkapkan, proses evaluasi dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari Komite Eksekutif I DPR RI, Ketua KPI, Majelis Ulama Indonesia, Kementerian Agama serta organisasi kemasyarakatan seperti Fatayat Nahdlatul Ulama dan Nasyiatul Aisyiyah.

Kriteria penjurian yang digunakan juri antara lain harus mematuhi pedoman penayangan, waktu tayang harus tayang di bulan Ramadhan 2024, sesuai semangat Ramadhan, tidak pernah mendapat sanksi dari KPI, dan episode tayang baru atau dikemas ulang.

“Para juri yang menilai acara ini memiliki keahlian yang dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan.” “Yang pasti penilaian yang diberikan bersifat obyektif dan independen, sehingga program siaran yang mendapat penghargaan adalah yang terbaik dari yang terbaik,” kata Wida. (flo/jpnn)

Berikut daftar peraih Syiar Award Ramadhan 2024:

?1.? ?Dakwah Non Talkshow (ceramah) : tvOne – Damai Indonesiaku Spesial Ramadhan?2.? ?Acara Non Talk Show Dakwah : SCTV – Mutiara Hati?3.? ?Talkshow Dakwah (dialog): TRANS7 – Cinta Surga Cinta Islam?4.? ?Wisata Budaya: TVRI – Pesona Indonesia?5.? ?Animasi Indonesia: RTV – Ibra bercerita?6.? ?Animasi Asing: MNCTV – Upin Ipin?7.? ?Sinetron: SCTV – Pencari Tuhan Bagian 17

?8.? ?Ajang Bakat: RCTI – Hafiz Indonesia 2024?9.? ?Film Religi/FTV: INDOSIAR – Pintu Berkah Spesial Ramadhan 10.? ?Fitur: CNN Indonesia – CNN Indonesia Heroes11.? ?Dokumenter: TRANS7 – Jejak Alquran12.? ?Liputan Ramadhan (TV): TRANS7 – Politie13.? ?Varie/reality show: TRANS7 – Sahur14 Lebih Cepat.? ?Ramadhan ILM (TV): TRANS7 – Kepulangan Pria Botak

Tanggal 15? ?Radio Dakwah (Kultum): FM Cepat – Magelang Mutiara Ramadhan16.? ?Radio Dakwah (talkshow/dialog): RRI Gorontalo – Tauladan17.? ?Liputan Ramadhan (radio): Sonora FM – dilaporkan oleh reporter radio Sonora18.? ?Wisata Budaya (radio): RRI Bandung – Majalah Air19.? ?Fitur (Radio): RRI Malang – Amalan Puasa pada Masyarakat Jawa 20.? ?ILM Ramadhan (Radio): RRI Bandung – Sucikan Diri21.? Pemimpin daerah 3T yang inspiratif: Helmy Hidayatulloh di Dompu, Nusa Tenggara Barat, Amal Khairat di Kepulauan Mentawai, Sulawesi Barat, Saddam Husain di Majene, Sulawesi Barat, dan Didiek Srimulya Ahmad di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *