Cuaca Hari Ini di Sebagian Wilayah Indonesia, Tetap Waspada

saranginews.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menerbitkan prakiraan cuaca di beberapa wilayah pusat provinsi Indonesia pada Minggu (12/5).

Mengutip laman BMKG Jakarta, sebagian wilayah ibu kota provinsi akan diguyur hujan ringan.

BACA: Prakiraan Cuaca Riau Hari Ini, BMKG: Waspada

Wilayah terdampak hujan siang tadi: Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Samarinda, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandarlampung, Ambon, Mataram, Kota Jayapura, Manokwari, Mamuju, Makassar, Kendari, Padang dan Medan.

Dan di Kota Bandung suhu 19-27 derajat, kelembaban 60-95 derajat, diperkirakan hujan ringan.

BACA: Prakiraan Cuaca Riau Hari Ini, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai kemungkinan terjadinya badai petir di Kabupaten Banda Aceh, Pontianak, Banjarmasin, dan Palembang pada sore hari ini, serta di Mamuju yang diperkirakan akan terjadi badai petir pada malam nanti.

Selain itu, beberapa wilayah seperti Manado, Ternate, dan Palangkaraya diperkirakan cerah berawan.

BACA: Cuaca Long Weekend, BMKG memprakirakan wilayah tersebut cerah berawan.

Wilayah Denpasar, Serang, Bengkulu, Jakarta Pusat, Semarang, Surabaya, dan Kupang akan berawan.

Dan di Kota Tarakan cuacanya akan cerah dan suhu udara diperkirakan 25-30 derajat Celcius.

Kepala BMKG Dvikorita Karnavati mengungkapkan, potensi cuaca ekstrem hingga bencana akibat bibit siklon tropis akan meningkat di banyak daerah pada minggu depan.

Menurut dia, ketiga siklon tropis tersebut berkembang biak; Bibit siklon tropis 91S, 94S, dan 93P teramati di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia sehingga berdampak pada wilayah selatan Indonesia.

Sementara itu, BMKG juga memperkirakan banyak wilayah pesisir di Indonesia yang berisiko mengalami gelombang tinggi berbahaya mulai hari ini hingga besok (13/5).

Arah angin di wilayah Indonesia bagian utara biasanya dari barat laut hingga timur laut dengan kecepatan angin berkisar antara 6 hingga 15 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan kecepatan angin dari timur hingga tenggara berkisar antara 68 hingga 25 knot. Kecepatan angin tertinggi terdapat di Laut Arafuru. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAGI… Siaga Cuaca Hari Ini BMKG mengeluarkan peringatan dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *