Calon Panwascam di Serang Mulai Jalani Tes CAT

saranginews.com, SERANG – Bawaslu Kota Serang menggelar tes berbasis komputer (CAT) bagi calon anggota Panwaslu (Panwaskam) kecamatan untuk mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024 di daerah tersebut.

Anggota Bawaslu Kota Serang Abdurrohim mengatakan, 58 calon baru yang terdaftar sebagai calon anggota Panwascam Pilkada 2024 saat ini sedang mengikuti tes CAT di SMK Hasanuddin 2 Kota Serang.

BACA JUGA: Bawaslu membuka pendaftaran Panwascam Pilkada 2024

Bawaslu Kota Serang terus melakukan tahapan seleksi Badan Khusus Daerah Pemilihan di tingkat kecamatan atau pandis, ujarnya, dilansir Antara, Selasa (14/5).

Sebanyak 65 calon anggota KPU daerah yang lolos seleksi administrasi berhak mengikuti CAT. Namun, kata dia, hanya 58 calon anggota Panwascam yang hadir dan mengikuti CAT.

BACA JUGA: Bawaslu Segera Pilih Panwaskam di Pilkada 2024

“Dari 65 orang yang mengikuti tes, hanya 58 orang yang lulus karena tujuh orang tidak hadir,” ujarnya.

Dijelaskannya, CAT terdiri dari 100 soal pilihan ganda dan 10 soal deskriptif.

BACA JUGA: Pemerasan Rp 200 Juta dari Calon Anggota DPR dan Kapolsek Panvaslu, Anggota Bavaslu

Pertanyaan dalam CAT merujuk pada kewenangan, tanggung jawab, mekanisme pengawasan dan UU No. 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

“Tanggung jawab daerah dan mekanisme pengawasan di tingkat kecamatan, dalam hal pilkada, lebih berorientasi pada UU No. 10 dari tahun 2016,” ujarnya.

Usai CAT, kata keduanya, akan dicatat hasilnya dan diumumkan hasilnya pada 17 Mei 2024, dilanjutkan dengan tahap wawancara kepada sembilan toppers di masing-masing kecamatan.

Selain itu, kemampuan dan kapabilitas calon anggota Panwascam akan terlihat saat wawancara, dan mereka ingin anggota Panwascam memiliki integritas dan pengalaman yang tinggi.

“Penyelenggara khusus kemudian harus menjaga netralitas dan independensi dalam pengambilan sumpah jabatan,” ujarnya.

Dalam perekrutan pemantau pilkada, ada dua cara yang digunakan, yaitu cara eksisting atau evaluatif bagi pemantau yang bekerja pada pemilu 2024 dan pembukaan panitera baru. (Antara/Jepang)

BACA ANGGOTA SELENGKAPNYA… Begini Nasib Anggota Bawaslu Kepri Usai Terjerat Narkoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *