Bea Cukai Jalin Komunikasi dengan Perusahaan Penerima Fasilitas di 3 Wilayah Ini

saranginews.com, JAKARTA – Bea dan Cukai melakukan Customs Convenor Visits (CVC) dengan beberapa perusahaan di Purbalingga, Buntin, dan Morrowali.

Kegiatan ini merupakan langkah membangun hubungan dan memahami proses bisnis perusahaan di ketiga bidang tersebut.

Baca juga: Reaksi Sri Mulani Saat Bea Cukai dan Pasokan Dikecam

“CVC merupakan komitmen kami sebagai pendukung industri dan fasilitator perdagangan untuk membantu dan memantau operasional industri dalam negeri,” kata Insp Dudi Ganger, wakil direktur jenderal hubungan masyarakat dan perluasan bea cukai.

Bea dan Cukai Purwokerto bekerja sama dengan industri di Kabupaten Purbalingga telah melakukan CVC pada tanggal 25 hingga 28 Maret 2024 dengan lima perusahaan untuk mengakuisisi fasilitas Kawasan Berikat (KB).

BACA JUGA: Bea Cukai Quds menyita dua pabrik rokok ilegal di Jepara dalam satu jam.

Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain PT Indokores Sahabat, PT Boyang Industrial, PT Victoria Beauty Industrial, PT John Toys Indonesia, dan PT Universal Fishing Gear Solutions.

PT Indokores Sahabat, PT Boyang Industrial, dan PT Victoria Beauty Industrial merupakan perusahaan yang memproduksi wig dan bulu mata palsu, PT John Toys Indonesia merupakan perusahaan yang memproduksi boneka, dan PT Universal Fishing Gear Solutions merupakan perusahaan yang memproduksi peralatan penangkapan ikan.

Baca Juga: Bea dan Cukai Yogyakarta izinkan perusahaan menambah lokasi usaha.

Kantor Bea dan Cukai Daerah Buntin juga meluncurkan CVC bagi perusahaan yang memperoleh fasilitas KB pada Rabu (24/4).

PT DPI adalah produsen peralatan kabel, kontrol elektronik dan peralatan distribusi tenaga listrik.

“Perlu dipahami bahwa KB adalah fasilitas berupa penangguhan tarif dan tidak dipungutnya PPN, PPnBM, dan PPh Pasal 22 atas impor, yaitu atas barang dan/atau bahan yang diolah pada saat produksi, yang hasilnya terutama ditujukan untuk untuk ekspor.” jelas Encep.

Kemudian, di hari yang sama, Bea Cukai Morowali juga melakukan CVC kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). Acara yang diadakan di Hangar Bea Cukai dan Suplai PT IMIP ini dihadiri oleh banyak perwakilan dunia usaha di wilayah IMIP.

“Kami siap menerima informasi layanan kepabeanan dari perusahaan untuk mencapai kerja sama yang lebih baik,” tutup Encep. (Jepang)

Baca artikel lainnya… Bea Cukai Korea dan BNNP Banten Musnahkan 21 Kg Sabu Shabu dalam Operasi Awal Maret

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *