Apresiasi Festival Semarapura, Menparekraf Ajak Turis Jadi Rojali

P

“Saya mengapresiasi masyarakat Klungkung yang menyelenggarakan festival Semarapura. Klungkung patut berbangga karena acara ini yang terbaik di Indonesia. Pengunjung berbondong-bondong memenuhi jalan kota dengan penuh kegembiraan,” kata Sandiaga Uno saat ditemui usai festival, Jumat. (3/5).

BACA JUGA: Menparekraf Sandiaga dan pengusaha identifikasi potensi ekonomi di Gorontal

Data yang terdata selama 4 hari, Festival Semarapura berhasil menarik total 250 ribu pengunjung, yakni sekitar 62 ribu orang datang setiap harinya.

Omzet UMKM mencapai Rp 2,3 Miliar, artinya omzet masing-masing UMKM sebesar Rp 5,3 juta per hari atau selama festival berlangsung hingga Rp 21 juta.

BACA JUGA: Perjuangkan Keberlanjutan Pariwisata, Eco Entrepreneur Asal Bali Tarik Perhatian Menparekraf

“Ayo para tamu, mari kita berkelompok, jadi membeli dan jangan menjadi kelompok, hanya kelompok yang menonton. Membeli dari UMKM bisa menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja serta mendongkrak perekonomian hingga 2 miliar,” kata Sandiaga Uno.

Festival Semarapura tahun ini menghadirkan atraksi budaya dengan partisipasi sekitar 1.500 seniman. Mulai dari tari Loang Balingkang, Solah Barong Sebarung, Gong Kebyar, tari Barong dan Barong Sai, grand final Jegeg Bagus dan fashion show.

BACA JUGA: Wanita Dibunuh, Jenazah Korban Dimasukkan ke Koper, Identitas Terungkap

Festival ini juga menghadirkan karya 110 perajin dan 105 pameran MSM dengan total 120 stand mulai dari kuliner, fashion, dan kerajinan tangan.

Festival juga dimeriahkan dengan penyanyi sekaligus musisi nasional Marcello Tahita alias Ella sebagai bintang tamu utamanya.

“Festival Semarapura tidak hanya menyuguhkan berbagai macam produk Klungkung saja, tapi juga kerajinan tangan, kerajinan perak dan bambu. Festival Semarapura juga menyuguhkan berbagai pertunjukan seni seniman lokal Klungkung dan atraksi budaya Bali untuk menarik perhatian pengunjung,” ujar Klungkung I. Naiman Jendrica.

Festival Semarapur ke-6 tahun ini bertepatan dengan Hari Puputan Klungkung ke-116 dan HUT Kota Semarapur ke-32.

Tahun ini juga akan diadakan pesta musik Bali yang akan dimeriahkan oleh artis pop Bali. Diantaranya Margie, Des Arya, Tika Pagraki, Vera Krisna, Leon Sinatra, Ali Bala.

“Festival Semarapura merupakan ajang promosi pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah Klungkung. Oleh karena itu, Festival Semarapura sangat membantu para penggiat ekonomi kreatif untuk meningkatkan usahanya. Saya berharap Festival Semarapura tahun depan dapat dimasukkan kembali ke dalam Kalender Acara Nusantara ( KEN), kata Noman Jendrika. (kanan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Pembunuh Wanita di Bekasi Curi 43 Juta Dinar, Hubungannya Terungkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *