Pentingnya Vaksin Sebelum Umrah, Jaga Diri dari Penyakit Menular 

saranginews.com, JAKARTA – Anak perusahaan PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe), PT Kalventis Sinergi Farma (Kalventis) dan Peralmuni (Persatuan Alergi Imunologi Indonesia) bersama-sama menyelenggarakan acara diskusi media Kalbe Academia.

Dalam rangka memperingati Pekan Imunisasi Dunia (WIW), Calventis Vaccine Summit mengadakan diskusi mengenai umrah yang sehat, aman dan nyaman melalui vaksinasi.

Baca Juga: Penyelenggara dan Calon Jemaah Umroh dan Haji Khusus yang Akan Menjadi Peserta JKN

Direktur Utama PT Kalventis Sinergi Farma Ridwan Ong mengatakan, acara tersebut dihadirkan sebagai wujud komitmen Kalventis untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya vaksinasi menjelang ibadah umrah.

Ia meyakini kegiatan ini dapat berkontribusi pada upaya cakupan vaksinasi untuk mewujudkan masyarakat sehat dan produktif.

Baca juga: Berikut Jadwal dan Kegiatan Jamaah Umroh Menuju Syawal

“Kami berharap diskusi media dengan Peralmuni dan para ahli dapat meningkatkan kesadaran berbagai pihak, termasuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya vaksinasi bagi jemaah umrah agar tetap bugar sebelum beribadah di Tanah Suci dan kembali ke Indonesia,” ujarnya. Dikatakan. Ridwan Ong.

Kepala KKP Kelas 1 Soekarno-Hatta Nanning Nugrahini menjelaskan masyarakat Indonesia pada umumnya memiliki faktor predisposisi terhadap penyakit tidak menular dan beberapa penyakit menular.

Baca juga: Kemenag Tak Rekomendasikan Umroh Backpacker, Ini Alasannya

Termasuk jemaah umrah, khususnya dewasa dan lanjut usia. Sementara itu, di Tanah Suci, orang-orang dari seluruh dunia mungkin memiliki atau tidak memiliki faktor risiko penyakit tersebut.

Nanning Nugrahini menjelaskan kepadatan penduduk yang tinggi, kepadatan yang tinggi, berbeda dengan iklim ekstrim, kelelahan menimbulkan risiko gangguan kesehatan atau penyakit serius akibat penyakit menular dan tidak menular.

Oleh karena itu, diperlukan sejumlah upaya untuk mengatasi risiko penyakit menular dan tidak menular menjelang umrah.

Ada pula yang meminum obat bagi pilot umrah yang mempunyai penyakit sesuai anjuran dokter.

Patuhi protokol kesehatan (Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS), minum air putih yang cukup, dan makan makanan seimbang.

Selain itu, agar penerbangan haji dan umroh berjalan lancar dan jamaah tetap sehat, pemerintah senantiasa memberikan edukasi PHBS, pemeriksaan kesehatan, dan vaksinasi sebelum pemberangkatan.

Vaksinasi juga digalakkan dan digalakkan oleh pemerintah Arab Saudi. Ingat, vaksinasi telah terbukti efektif melawan penyakit menular, termasuk vaksin terhadap meningitis dan influenza.

“Gaya hidup bersih dan sehat, serta upaya mencegah penyakit, sangat penting untuk menjaga keamanan tubuh kita,” kata Nanning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *