Imigrasi Batam Sudah Terbitkan 27.820 Paspor pada Triwulan Satu 2024

saranginews.com, Batam – Tempat Pemeriksaan Masuk Imigrasi (TPI) Kelas I Batam (Khepri), Kepulauan Riau telah menerbitkan 27.820 paspor reguler dan paspor elektronik untuk masyarakat pada semester pertama tahun 2024.

Karisma Rukmana, Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, mengatakan sebanyak 27.820 paspor diterbitkan dari 19.738 paspor reguler dan 8.082 paspor elektronik.

Baca juga: Agen Imigrasi Diduga Gunakan Dokumen Palsu untuk Menggandakan Paspor CPMI

Ia mengatakan, minat masyarakat Batam terhadap e-paspor masih lebih rendah dibandingkan kota-kota besar di Indonesia.

“Melihat angka-angka tersebut, warga Batam kurang berminat untuk mengurus paspor. Semakin banyak yang mengajukan paspor biasa, karena sebenarnya lebih bagus dari paspor biasa, kami menjadi lebih ramah,” kata Karisma. .

Artikel terkait: Piala Dunia U-17: Indra Shahri Sebut Ada Masyarakat yang Butuh Paspor Indonesia

Salah satu keuntungan dari e-pass adalah kunjungan Anda ke Jepang tidak dipungut biaya.

Selain itu, manfaat lain dari e-paspor adalah tingkat keamanan data yang tinggi, prosedur imigrasi yang lebih cepat, dan penerimaan yang luas di negara lain.

Baca juga: 34 Juta Orang Indonesia Rencanakan Pelanggaran Data, Kementerian Komunikasi dan Informatika: Hasil Sementara, Beda

“Paspor bebas visa Jepang itu sangat berharga. Mungkin ke depan bisa berkunjung ke negara lain secara gratis. Kalau punya paspor biasa, baru pertama kali mengajukan visa,” tuturnya.

Berdasarkan data Departemen Imigrasi Batam, jumlah permohonan paspor umum pada tahun 2024 sebanyak 7.649 pada bulan Januari, 6.641 pada bulan Februari, dan 5.451 pada bulan Maret.

Sedangkan jumlah permohonan paspor elektronik pada tahun 2024 sebanyak 3.188 pada bulan Januari, 2.497 pada bulan Februari, dan 2.397 pada bulan Maret. (Antara/jpnn)

Baca artikel lainnya… Kementerian Komunikasi dan Informatika Berita Terkini Dugaan Kebocoran Data Rencana Nasional Indonesia: Persamaannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *