Enam Kapal Perang Disiapkan Untuk Operasi Trisila di Papua & Maluku

saranginews.com, JAKARTA – Komando Armada Laut (Koarmada) III TNI menyiapkan enam kapal perang, tiga tank amfibi, tiga karet, dan 200 prajurit untuk Operasi Trisila Koarmada III di perairan Papua dan Maluku pada TA2024.

Komandan Kelompok Tempur Laut (Danguspurla) TNI Koarmada III Laksamana Pertama Wawan Trisatya Atmaja yang memimpin operasi tersebut mengatakan, latihan amfibi tersebut berlangsung di pantai Distrik Ransiki, Manokwari, Papua Barat, dalam rangkaian operasi.

Baca Juga: Alasan Surya Paloh Tak Lawan Pemerintahan Prabowo-Gibran

Latihan ini diikuti 200 personel gabungan Koarmada III, Satuan Angkatan Laut (Pasmar) 3, dan KRI (Tim) III, kata Danguspurla Koarmada III, Jumat dari Jakarta.

Dalam acara resmi Guspurla Koarmada III, Panglima Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Kherson menarik pasukan dan peralatan keamanan untuk latihan pendaratan.

BACA JUGA: Anggota TNI Temukan Barang Bukti Ini Saat Penggerebekan Gudang Semalaman, Wah

Aksi unjuk rasa digelar pada Kamis (25/4) di dermaga Koarmada III Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, bersama Komandan Skuadron Amfibi Marinir (Dansatfib) Koarmada III Kolonel (P) Hartanto.

Setelah pasukan dipanggil, persiapan Operasi Trisila dilanjutkan dengan fase Tactical Floor Game (TFG) di atas kapal markas KRI Teluk Wondama-527. TFG hanyalah sebuah fase pemodelan operasional.

Baca juga: Dua Prajurit TNI Tersambar Petir Saat Jaga Markas Tsilangkap.

Operasi Trisila Koarmada III 2024 dijadwalkan berlangsung antara minggu terakhir April 2024 hingga 2 Juni 2024.

Jalur pelayaran Operasi Trisila Koarmada III 2024 dimulai di Sorong, Papua Barat Daya, kemudian kapal peserta melanjutkan perjalanan ke Manokwari, Papua Barat.

Di Manokwari, Satgas Trisila-24 dijadwalkan melakukan latihan pendaratan di Pantai Ransiki, setelah itu pasukan akan melanjutkan perjalanan ke beberapa lokasi di Maluku Utara, antara lain Morotai, Ternate, dan Bakan.

Setelah menempuh tiga lokasi tersebut, Satgas Trisila-24 melanjutkan perjalanan menuju tujuan akhir di Timika, Papua Tengah.

“Selama melakukan penyeberangan laut (linla), Satgas Trisila akan memberikan pelatihan untuk meningkatkan profesionalisme pelaut, selain memberikan peran penegakan hukum dan keamanan bagi pengguna laut (jalan). Nantinya, ketika Satgas Trisila akan berlabuh di pangkalan tersebut, Satgas akan melibatkan TNI, khususnya TNI Marinir. Kegiatan seperti bakti sosial, pengabdian masyarakat, open kapal dan pameran alutsista akan diadakan untuk meningkatkan rasa cinta terhadap TNI Angkatan Laut,” kata Kepala Penerangan (Cadispen) Coarmada. . III TNI AL Kolonel Laut (KH) R. Dhoni Kundrat saat dihubungi di Jakarta, Kamis (25/4).

Tak hanya enam kapal perang, pesawat angkut CN-235 dan helikopter TNI Angkatan Laut juga ikut serta dalam Operasi Trisila Koarmada III 2024. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Satgas Keamanan TNI Angkatan Laut Ambalat memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat Sebatik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *