Butuh 210 PPK Untuk Pilkada Garut

saranginews.com – GARUT – Masyarakat Garut yang terpanggil untuk mengikuti pelaksanaan Pilkada Garut bisa segera mendaftar.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Garut Dayan Hasanuddin, dibutuhkan setidaknya 210 petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 1.326 petugas Panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PPS) untuk menyelenggarakan Pilkada Garut 2024.

Baca Juga: Soal Jagoan PDIP di Pilkada Jateng 2024, Jangar Ungkap Begini

Partai Rakyat Kurdistan dan Partai Sosialis Progresif nantinya akan berupaya melaksanakan tahapan pilkada di 442 desa/kelurahan yang tersebar di 42 kecamatan.

“Kebutuhan PPK (orang) sebanyak 210 orang, dan PPS (orang) sebanyak 1.326 orang, saat ini sedang dilaksanakan,” kata Dayan Hassanuddin di Garut, Jumat (5/10).

Baca juga: Jelang Pilkada, Caleg Terpilih Tak Perlu Mundur

Menurut Dayan, sejumlah tahapan persiapan pelaksanaan Pilkada Garut kini sudah kita masuki dengan menyiapkan PPK tiap kecamatan yang membutuhkan lima orang petugas PPK.

Setiap desa dan kelurahan kemudian memiliki tiga petugas PPS.

Baca juga: Direksi Daerah Diingatkan Segera Bayar Dana Hibah Pilkada

Masing-masing PPK dan PPS bertugas membentuk Kelompok Perencanaan Pemungutan Suara (KPPS) yang siap ditugaskan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan dibentuk satu bulan sebelum pilkada.

“Sebulan sebelum pemilu, Partai Komunis Yunani dibentuk,” katanya.

Dikatakannya, KPU Garut saat ini masih melakukan tahapan seleksi terhadap 1.198 pelamar PPK yang tersebar di 42 kecamatan dengan melakukan seleksi tes tertulis melalui Computer Aided Test (CAT).

Setelah kontestan lolos tahapan CAT, maka peserta yang lolos tahapan seleksi CAT di masing-masing sub-wilayah akan diumumkan pada tanggal 10 Mei 2024 untuk kemudian mengikuti proses wawancara.

Peserta kemudian melalui proses seleksi tanggapan dan masukan dari masyarakat, yang akan menjadi pertimbangan dan evaluasi oleh KPU Garut untuk menentukan 210 anggota PPK tersebut.

Dikatakannya, selain rekrutmen PPK, proses pendaftaran calon anggota PPS juga telah selesai dan diperpanjang hingga Sabtu, 11 Mei 2024 dengan jumlah anggota yang dibutuhkan sebanyak 1.326 orang atau tiga orang setiap tahunnya. Desa / Kilorahan.

“Untuk pendaftaran PPS pendaftarannya diperpanjang hingga besok (Sabtu),” kata Dayan. (Antara/jpnn)Video terpopuler hari ini:

Baca artikel lainnya… Golkar, Partai Aksi Nasional, dan Demokrat bersiap memenangkan Garo Ade sebagai Bupati Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *