BRI Gandeng Tencent Cloud dan Hi Cloud Indonesia untuk Perkuat Kapabilitas Digital

saranginews.com, Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI pada Rabu 17 April 2024 menandatangani nota kesepahaman dengan Tencent Cloud dan HiCloud Indonesia untuk mengeksplorasi berbagai teknologi dan terus memperkuat kemampuan digitalnya.

Penandatanganan dilakukan oleh Division Head Digital Banking Development and Operations BRI Casper Situmorang bersama Tencent Cloud International Poshu Yeung, Senior Vice President dan Hi Cloud Indonesia Prangki Tua, Country Manager.

Baca juga: BRI Kirim UMKM Bandung Gravfarm Coffee ke Expo di USA

Direktur BRI Sunerso mengatakan kerja sama ini bertujuan untuk memajukan inovasi layanan perbankan BRI melalui eksplorasi teknologi dengan fokus pada peningkatan layanan dan pengalaman nasabah dalam bertransaksi.

Sunorso menjelaskan BRI terus berupaya melanjutkan transformasi secara berkelanjutan sebagai bank dengan jaringan luas di Indonesia.

Baca Juga: BRI dan Microsoft Eksplorasi Kecerdasan Buatan untuk Mempercepat Inklusi Keuangan

Menurutnya, transformasi difokuskan pada dua aspek utama yakni digital & budaya.

“Kami terus menciptakan nilai baru melalui digitalisasi untuk menggerakkan model bisnis,” jelasnya.

Seperti yang Anda ketahui, saat ini layanan perbankan ditawarkan melalui berbagai produk dan layanan keuangan digital. BRI juga dinilai berhasil dalam memenuhi kebutuhan dan perubahan pola transaksi digital masyarakat. Padahal, saat ini 99 persen transaksi di BRI dilakukan secara digital dan selebihnya. sekitar satu persen, dilakukan melalui unit kerja atau kantor BRI.

Melalui kerja sama ini, BRI berharap dapat meningkatkan use case dan pembelajaran dalam mengembangkan kapabilitas digital, khususnya pengalaman perbankan berteknologi tinggi dan high-touch.

Senior Vice President Tencent Cloud International Poshu Yeung mengatakan Tencent Cloud senang dapat bermitra dengan BRI.

“Kami memiliki visi bersama untuk memimpin inovasi perbankan di Indonesia. Dengan kekuatan kapabilitas digital dan jaringan fisik BRI, kami memberikan akses terhadap keahlian berkualitas tinggi dan solusi yang andal. Kami berharap dapat membantu BRI tetap menjadi yang terdepan dalam inovasi teknologi di masa depan. Lanskap perbankan Indonesia,” kata Poshu Yeung.

Tencent Cloud dikenal secara global karena menggunakan teknologi canggih seperti Generative AI, Large Language Model (LLM) dan Biometrics untuk mengembangkan aplikasi super mobile banking yang mendominasi pasar. Hi Cloud Indonesia sebagai mitra Tencent Cloud memfasilitasi kolaborasi teknologi inovatif dan menjembatani antara Tencent Cloud dan BRI.

Melalui penjajakan kolektif ini, BRI menggali potensi penerapan adopsi dan keberhasilan teknologi di berbagai produk dan layanan perbankan BRI untuk menjadikan pengalaman pengguna lebih sederhana, mudah diakses, efisien dan aman.

Penandatanganan kerja sama ini merupakan wujud komitmen BRI untuk menjadi yang terdepan dalam inovasi sektor jasa perbankan Indonesia.

Dengan menggabungkan pembelajaran dari kesuksesan Tencent dengan keahlian lokal, pemahaman pasar, dan kemampuan adopsi BRI, kemitraan ini akan mengarah pada penciptaan dan pengembangan layanan perbankan yang tidak hanya memenuhi kebutuhan, tetapi juga memberikan pengalaman baru bagi nasabah.(jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *