4 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Gula Darah Bakalan Tetap Normal

saranginews.com, JAKARTA – Buah merupakan salah satu makanan yang banyak disantap orang. Aneka buah-buahan juga bisa diolah dalam banyak masakan, baik yang manis maupun gurih.

Kita semua tahu fakta bahwa buah-buahan sangat bergizi dan dapat meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Terbaik untuk Diabetes

Namun, hal berbeda terjadi pada penderita diabetes. Faktanya, buah bukanlah makanan yang baik untuk diabetes.

Hal ini karena kadar gula darah dipengaruhi oleh asupan karbohidrat, terutama karena tubuh mengubah karbohidrat menjadi glukosa.

Baca juga: 6 Buah Ini Bantu Proses Penurunan Berat Badan Lebih Mudah

Buah-buahan tidak hanya kaya akan karbohidrat, tapi juga banyak mengandung gula.

Apakah ini berarti penderita diabetes harus menghindari buah? Jawaban singkatnya adalah tidak.

Baca juga: 4 Rempah Ini Bantu Tingkatkan Kontrol Glukosa pada Pasien Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis, namun bisa dikendalikan. Saat memilih buah untuk penderita diabetes, Anda harus memastikan ukuran porsinya terkontrol dan indeks glikemik (GI) buahnya rendah.

Indeks glikemik menunjukkan kecepatan suatu makanan meningkatkan gula darah seseorang.

Oleh karena itu, buah-buahan dengan GI rendah lebih baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Penting? Mengonsumsi buah-buahan dalam jumlah 15 gram dapat memastikan penderita diabetes mendapatkan nutrisi dalam jumlah yang tepat tanpa meningkatkan kadar gula darah.

Untuk sedikit membantu Anda, berikut buah-buahan sehat yang patut dikonsumsi penderita diabetes, seperti dilansir dari laman Healthshots.com.1. apel

Apel berukuran kecil hingga sedang memiliki kepadatan GI yang sangat rendah, sehingga tidak akan berdampak negatif pada kadar gula darah Anda.

Terlebih lagi, kandungan serat yang tinggi pada apel tidak hanya akan memastikan sistem pencernaan dan kesehatan hati Anda dalam kondisi prima, tetapi juga membantu mengontrol kadar gula darah.

Apel juga kaya akan vitamin A dan C, serta memiliki sifat anti inflamasi sehingga cocok digunakan oleh penderita diabetes.2. oranye

Jeruk diketahui memiliki efek antidiabetes. Makan jeruk adalah cara yang bagus untuk menambahkan vitamin dan mineral ke dalam makanan Anda tanpa berlebihan dengan karbohidrat.

Jeruk juga sangat kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang merupakan senyawa yang bertanggung jawab untuk memastikan sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat.3. Pir

Indeks glikemik yang rendah memastikan buah pir berukuran kecil hingga sedang tidak meningkatkan kadar gula darah Anda terlalu cepat.

Selain itu, buah pir kaya akan nutrisi dan vitamin yang memiliki efek anti inflamasi bahkan membantu pencernaan.4. Stroberi

Stroberi adalah pembangkit tenaga antioksidan dan juga rendah karbohidrat.

Oleh karena itu, buah ini menjadi pilihan buah yang tepat bagi penderita diabetes.

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan di PubMed Central mencatat bahwa mengonsumsi stroberi setelah makan dapat membantu mengontrol kadar insulin seseorang (FN/JPNN).

Baca artikel lainnya… Ingin kolesterol Anda tetap normal, konsumsilah 7 buah ini secara rutin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *