156 Calon PPK Pilkada Makassar Segera Jalani Tahapan Wawancara

saranginews.com – MAKASSAR – Ada 156 calon peserta Pemilukada (PPK) 2024 pada Panitia Pemilihan Kabupaten (PPK) Makassar.

Menurut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, ada 156 calon PPK yang akan segera mengikuti wawancara.

BACA JUGA: PPK 210 wajib untuk Pilkada Garut

“Dapat kami informasikan bahwa terdapat 156 hasil seleksi tertulis PPK yang dinyatakan berhasil pada CAT dan akan memasuki tahap selanjutnya yaitu wawancara. Insya Allah dilaksanakan mulai besok, 11 Mei hingga 13 Mei 2024,” kata Abdi Gonceng, anggota KPU Makassar, Jumat (10/5).

Menurut Abdi, ada 660 calon yang lolos kelengkapan administrasi.

BACA JUGA: Soal PDIP Jagoan Pilkada Jateng 2024, Kata Ganjar

Namun saat ujian tulis dilaksanakan di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia (UMI), Jalan Urip Sumoharjo, yang mengikuti ujian hanya 616 orang.

Sisanya 91 orang tidak dites.

BACA JUGA: Lanjut ke Pilkada, Calon Terpilih Jadi Anggota DPR Tak Perlu Mundur

Peserta dinyatakan tidak lolos diumumkan setelah panitia menyelesaikan proses penilaian kualifikasi.

Dari 616 yang mengikuti ujian, hanya 369 yang hadir, sehingga nilainya menjadi dua kali lipat.

“Singkatnya 156 lolos, lalu 460 gagal. 460 dibagi menjadi dua kategori, 369 gagal karena studinya. 91 orang gagal karena tidak mengikuti tes tertulis. “, kata Abdi.

Secara rinci, ia mencontohkan, jumlah waktu yang dibutuhkan minimal 10 orang dalam setiap lingkaran, di 15 kecamatan di Kota Makassar.

Artinya, dibutuhkan minimal 10 orang di setiap area, sehingga total 156 peserta berhak mengikuti uji coba tahap selanjutnya.

Untuk proses grading, kata dia, sesuai kebutuhan dua kali lipat (dibutuhkan lima orang), diambil angka terendah dari 10 orang pertama.

Namun sesuai aturan, jika ada angka yang sama, misalnya skor CAT 50 poin dan dua atau tiga orang sama, tetap dianggap.

Namun tidak hanya 10 dari 15 desa, kurang lebih satu di Kecamatan Sangkarrang hanya sembilan, satu peserta menyerah karena tidak mengikuti ujian tertulis.

Kesepuluh peserta tersebut tersebar di wilayah Kecamatan Mariso, Ujung Tanah, Wajo, Bontoala, Tallo, Ujung Pandang, Biringkanaya, Tamalanrea, Manggala, Rappocini.

Sedangkan di Kecamatan Mamajang, Makassar, dan Tamalate sebanyak 12 orang, Kecamatan Panakukang sebanyak 11 orang, dan Kabupaten Sangkarang sebanyak sembilan orang.

“Untuk jadwal wawancaranya, Insya Allah besok tanggal 11 Mei hingga 13 Mei mulai pukul 08.00 WITA akan diumumkan melalui jaringan resmi KPU Makassar yang akan menjadi tempat wawancara,” kata Guru Besar UIN Alauddin. Makasar. (Antara/jpnn) Yuk tonton juga video ini!

BACA PASAL LAINNYA… Kepala Daerah diingatkan untuk segera menyalurkan uang bantuan Pilkada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *