Kawal Musrenbang di Riau, Kemendagri Sebut Pentingnya Pembangunan Berbasis Partisipatif

saranginews.com, PEKANBARU – Kementerian Dalam Negeri (dari Mendagri) menekankan pentingnya pengembangan koperasi.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Kebijakan Nasional (BSKDN), Yusharto Hantoyungo, mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mohamed Tito Karnavian untuk Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dalam Rencana Pembangunan (Musrenbang) Dibering. . dari Riau. Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten dan Daerah (RKPD) Tahun 2025-2045 di Provinsi Riau 2025 dengan Konsultasi Provinsi Riau.

Baca selengkapnya: Kemendagri mengintegrasikan sistem informasi fasilitas Kezbangpol dan organisasi besar di Pulau Papua

Peristiwa tersebut terjadi di Kota Pekanbaru, Riau, pada Senin (29/4/2024).

“Tahun 2025 merupakan tahun strategis yang menjadi landasan pertama bagi pelaksanaan berbagai kebijakan jangka panjang di tingkat nasional dan daerah,” kata Yusharto.

Baca Artikel: Pesan Penting Kemendagri pada Musrenbang Riau 2024

Yusharto menekankan pentingnya pembangunan partisipatif sebagai strategi menghadapi berbagai tantangan, terutama di bidang kesehatan, perekonomian, dan lingkungan hidup.

Diharapkan dengan Musrenbang yang berjalan dengan baik dan tertata dengan baik, dapat dihasilkan kebijakan-kebijakan yang responsif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Rio.

Baca Juga: Sekda Kemendagri Umumkan Penghargaan Kinerja Pemerintah Daerah Berbasis LPPD

“Dalam forum (Musrenbang) ini, seluruh pemangku kepentingan dapat menyikapinya dengan memperkuat permasalahan dan strategi penyelesaiannya kemudian menyelaraskannya dengan rencana pembangunan pemerintah pusat,” ujarnya.

Menurut Usharto, Indonesia ditargetkan masuk dalam lima besar negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

Untuk mencapai hal tersebut, banyak kegiatan yang harus dilakukan pemerintah, antara lain pengurangan air, digitalisasi, pembangunan infrastruktur, distribusi ekonomi, dan karbonisasi.

“Dalam beberapa tahun ke depan, kami berharap program-program tersebut dapat diintegrasikan dengan pemerintah daerah baik di tingkat daerah, kabupaten/kota sehingga impian Indonesia segera terwujud,” tutupnya. (jpnn)

Baca lebih banyak artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *