Jokowi Resmikan 5 Inpres Jalan Daerah NTB

saranginews.com, LOMBOK BARAT – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan lima ruas jalan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang pembangunannya menggunakan anggaran Petunjuk Jalan Daerah (IJD) Presiden.

Pada peresmian, Kamis (2/5) pagi, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi, dan Pj Bupati Lombok Barat Ilham.

Baca juga: Pengamat Ini Sebut Penasihat Jokowi dan SBY Prabowo Andal

Jokowi mengatakan, pembangunan dan perbaikan jalan di wilayah NTB yang akan dibangun dan selesai pada tahun 2023 terdiri dari lima ruas jalan di empat kabupaten.

Ada di Lombok Barat, Sumbawa Barat, Sumbawa, dan di Bima, kata Jokowi saat meresmikan ruas IJD Shabanga-gili Mas di Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Baca juga: Tim 7 Jokowi Rayakan Kemenangan Prabowo-Gibran dengan Membantu Masyarakat

Jokowi mengatakan, total anggaran perbaikan dan pembangunan lima ruas jalan IJD sepanjang 40,63 kilometer mencapai Rp 211,84 miliar.

“Anggaran ini bukan anggaran yang kecil,” katanya.

Baca juga: Besok Presiden Jokowi akan Bagikan 10.323 Sertifikat Tanah Elektronik di Banyuwangi.

Presiden berharap perbaikan lima titik jalan di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa dapat memperlancar pergerakan logistik di wilayah logistik NTB.

“Baik di kawasan pertanian, lahan pertanian, semuanya bisa didukung dengan jalan yang bagus,” ujarnya.

Lima ruas jalan IJD yang diresmikan Presiden Jokowi di NTB adalah jalan Sekotong-Pelangan (Mas lembar-gili) di Kabupaten Lombok Barat. Panjang jalan mencapai 7,47 kilometer dengan perkiraan biaya Rp 87,11 miliar.

Selain itu, Jalan Polamata-Jelenga di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sepanjang 2,1 kilometer dengan perkiraan biaya Rp 15,74 miliar dan Jalan Perencanaan Sabedo Dalam-Bukit di Kabupaten Sumbawa sepanjang 4,2 kilometer dengan perkiraan biaya Rp 22,75 miliar.

Kemudian Jalan Lenanguar-Teladan di Kabupaten Sumbawa sepanjang 1,6 kilometer dengan perkiraan biaya Rp 9 miliar dan Jalan Wilamaci-Karumbu-Sape di Kabupaten Bima sepanjang 25,26 kilometer dengan biaya Rp 77,24 miliar. (antara/jpnn)

BACA PASAL LAIN… Prabowo rajin mendampingi Presiden Jokowi, kata pengamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *