Chandra Asri Group Berjaya di Global CSR & ESG Summit and Awards 2024

saranginews.com, Jakarta – PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) meraih tiga penghargaan pada ajang Global CSR & ESG Summit and Awards 2024 ke-16 yang diadakan oleh Pinnacle Group International di Hanoi, Vietnam.

Global CSR & ESG Summit and Awards 2024 merupakan program penghargaan paling bergengsi di bidang CSR dan ESG di tingkat Asia dan telah berjalan sejak tahun 2008.

Artikel Terkait: Chandra Asli Group Gandeng Kitaoneus.asia Hadirkan Edukasi Tuna Rungu Melalui Sampah Plastik

Pada acara yang diadakan pada tanggal 25 April 2024, Direktur ESG dan Keberlanjutan, Chandra Asli Group, berbicara tentang CSR melalui strategi inovatif, solusi mutakhir dan usaha patungan serta menekankan pentingnya dampak berkelanjutan yang nyata dalam praktik ESG.

Chandra Azri Group meraih tiga kategori penghargaan diantaranya kategori Best CSR & ESG Leadership Award – Platinum.

Artikel Terkait: Tim Chandra Asli Raih Prediksi Emas di Ajang PROPER 2023

Penghargaan ini diterima atas kepemimpinan keberlanjutan yang bertanggung jawab dalam menjalankan rencana induk ESG yang terintegrasi dengan strategi perusahaan.

Penghargaan Program Komunitas Terbaik Kedua – Kategori Emas. Penghargaan tersebut diterima atas proyek BERSERI “Inisiatif Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pertanian Sejahtera, Mandiri dan Berkelanjutan”.

Baca Juga: Akhir Tahun, Chandra Asli Group Raih Dua Penghargaan dari KLHK

Penghargaan Keunggulan Lingkungan Terbaik Ketiga – Kategori Perak. Penghargaan tersebut diterima atas proyek inovasi aspal plastik sepanjang 100 km untuk Indonesia Indah dalam upaya pengelolaan sampah plastik di Indonesia.

“Penghargaan CSR dan ESG yang diterima Chandra Asri Group merupakan pengakuan atas komitmen perusahaan untuk menjadi perusahaan yang menjalankan bisnis dengan mengedepankan tanggung jawab keberlanjutan,” kata DaweSharp dalam keterangannya, Kamis (5 Februari).

Ditegaskannya, keberlanjutan bukan sekedar tujuan, melainkan landasan visi strategis perusahaan sebagai mitra pembangunan Indonesia.

Penghargaan tersebut mendorong Chandra Asli Group untuk terus berinovasi dan memberikan dampak positif terhadap lingkungan, masyarakat, dan pemerintahan.

Chandra Asli Group memperkuat upaya keberlanjutannya melalui pelaporan standar nasional dan internasional, termasuk Rencana Induk ESG yang sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), pembentukan Komite Keberlanjutan yang dipimpin langsung oleh CEO, dan inisiatif pelaporan global. (GRI), TCFD, dan SASB memastikan akuntabilitas dan transparansi.

Keterlibatan langsung CEO Chandra Asri Group Erwin Siputra dalam memimpin inisiatif ini menunjukkan komitmen kepemimpinan perusahaan terhadap ESG dan keberlanjutan.

Partisipasi aktif CEO menegaskan komitmennya untuk menjadikan keberlanjutan sebagai bagian mendasar dari strategi bisnis perusahaan.

Tn. Phuping Taweesarp menambahkan, pihaknya berhasil meraih kategori emas Proyek BERSERI, Penghargaan Proyek Komunitas Terbaik, yang merupakan implementasi kebijakan pertanian berkelanjutan oleh Chandra Asli Group yang menurutnya meliputi bank peternakan dan peternak plasma. Inisiatif pendidikan dan pengembangan produk lokal. 3.500 orang telah terkena dampak skema ini.

Proyek pemberdayaan masyarakat lainnya sedang dilaksanakan oleh Chandra Asri Group bekerja sama dengan Villa Delnak Indonesia. Proyek ini mendukung pemberdayaan pemuda dan berhasil menciptakan lapangan kerja bagi 59 pemuda mitra Petani Plasma.

Katanya, Peternak plasma dilatih menanam rumput gajah dan memanfaatkan kotoran kambing sebagai pupuk.

Dalam penerapan ekonomi sirkular, Chandra Asli Group telah berhasil mencapai target awal 120,8 km aspal plastik sepanjang 100 km pada tahun 2023 dan berkontribusi terhadap pengelolaan dampak lingkungan.

Fenomena aspal plastik tersebar di berbagai kota dan daerah antara lain Silikon, Debok, Garut, Tangsel, Marunda, Pokor, Tegal, Semarang dan Kuduz. Proyek Indonesia Indah telah berhasil mengelola total 434.637 ton sampah plastik dari tempat pembuangan sampah pada akhir tahun 2023.

Selain itu, inovasi Aspal Plastik yang mengantarkan Chandra Asli Group meraih Penghargaan Keunggulan Lingkungan Terbaik – kategori Silver berhasil meningkatkan perekonomian 11.967 pemulung.

“Jika proyek ini dilaksanakan di seluruh negeri dalam jangka panjang, setidaknya 604,502 juta kantong plastik dan 879.570 ton sampah plastik dapat dikelola, sehingga menghasilkan pengurangan CO2 setara dengan 3,74 miliar kg emisi,” lanjutnya. (esy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *