BMKG Sebut Sebagian Kota Besar Bakal Diguyur Hujan, Catat Wilayahnya

saranginews.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk wilayah di ibu kota provinsi itu pada Minggu (12/5).

Menurut BMKG, hujan lebat akan terjadi di banyak wilayah perkotaan besar seperti Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Samarinda, Pangal Pinang, Tanjung Pinang, Bandarlampung, Ambon, Mataram, Kota Jayapura, Manokwari, Mamuju, Makassar, Kendari, Padang. dan Madden.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Riau Hari Ini, BMKG: Waspadai Hujan, Angin Kencang, dan Bahaya Petir

Di Kota Bandung, diperkirakan terjadi hujan sedang dengan suhu 19-27 derajat Celcius dan kelembaban 60-95.

BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai kemungkinan terjadinya badai petir di Banda Aceh, Pontianak, Banjarmasin, dan Palembang, serta Kota Mamuju pada siang nanti.

Baca juga: BMKG: Ada potensi tumbuhnya awan hujan

Sejumlah wilayah termasuk Manado, Ternate, dan Palangkaraya diprakirakan berawan.

Denpasar, Serang, Bengkulu, Jakarta Pusat, Semarang, Surabaya, dan Kupang diprediksi cerah berawan, sedangkan Kota Tarakan diprediksi cerah cerah dengan suhu antara 25-30 derajat Celcius.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan potensi cuaca buruk yang berpotensi menimbulkan bencana akan meningkat akibat masuknya bibit siklon tropis di banyak wilayah dalam sepekan mendatang.

Menurut dia, tiga bibit siklon tropis; Bibit badai tropis 91S, 94S, dan 93P teramati di Samudera Hindia bagian selatan sekitar Jawa, Laut Timor, dan Laut Australasia, serta berdampak di wilayah selatan Indonesia.

Selain itu, BMKG memperkirakan risiko gelombang tinggi berbahaya akan terjadi di banyak wilayah pesisir Indonesia mulai hari ini hingga besok (13/5).

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara sebagian besar berasal dari arah timur laut timur laut dengan kecepatan angin 6-15 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan kecepatan angin sebagian besar berasal dari arah timur-tenggara dengan kecepatan angin 68-15 knot. . 25 knot. Kecepatan angin tertinggi terdapat di Laut Arafura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *