Begini Cara Erick Thohir Berdayakan UMKM Lokal Naik Kelas

saranginews.com PEKANBARU – Menteri BUMN Eric Thohir punya cara untuk memberikan kesempatan kepada UMKM lokal untuk terus tumbuh dan maju dalam bidang pengajaran.

Salah satunya diwujudkan dengan dibukanya rumah BUMN (RB) Pekanbaru.

BACA JUGA: Jaga ketahanan energi dan jaga stabilitas perekonomian, Pertamina dinilai bijak dalam mengambil keputusan

Pembukaan rumah BUMN di Pekanbaru ini merupakan upaya untuk bergerak memfasilitasi operasional UMKM, mulai dari pra-sewa toko hingga memanfaatkan properti BUMN pengelola rumah BUMN di Pekanbaru, yakni PT Pertamina (Persero).

Bagi Pertamina sendiri, Rumah BUMN Pekanbaru merupakan salah satu dari 30 rumah BUMN yang sedang dibangun.

BACA JUGA: Merayakan Hari Kartini: Memahami Peran Penting Pejabat Keluarga Pertamina

Rumah BUMN Pekanbaru mempertemukan 3.200 UMKM lokal dan rutin mengadakan 120 pelatihan agar UMKM bisa naik ke level yang lebih tinggi sejalan dengan visi Menteri BUMN Eric Thohir.

Vice President CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero) Fajria Usman mengatakan Kementerian BUMN serta BUMN, khususnya Pertamina dalam hal ini berkomitmen membantu pergerakan perekonomian nasional dan pengembangan UKMM sebagai tujuan.

BACA JUGA: Pameran Hannover 2024, Pertamina Patra Niaga jelaskan upaya Indonesia menuju pemerataan distribusi energi

“Salah satunya pembangunan dan pengelolaan rumah BUMN,” ujarnya.

Agenda peresmian Rumah BUMN Pekanbaru dilanjutkan dengan pembukaan Good Nevs Café sebagai sarana pemberdayaan pekerja daerah setempat.

Turut hadir dalam agenda ini Sekretaris Perusahaan Pertamina Khulu Rokan, Rudy Ariffianto, CEO TJSL BUMN, E Gede Arimbawa Iasa, Wakil Direktur KSI, Hendra Novriansa, Kakanvil BPJS TK Zumbarriau Kepri, Eko Yuulianda, RCEO Davetra, Kiki Davetra, GM Telkom, Shane Sihombing, Dinas UMKM & Koperasi, Kadin Pekanbaru, dan CEO/CFO Muda Rumah BUMN seluruh Indonesia.

Selama ini Rumah BUMN Pekanbaru telah banyak mengembangkan inovasi yang mendukung pengembangan kualitas UMKM, antara lain RB Energi yaitu pemanfaatan limbah minyak nabati yang diubah menjadi biofuel dan penggunaan rooftop solar photovoltaic system sebagai kemandirian energi RB.

Selain itu, ada Duta RB yang melakukan pendampingan secara tatap muka kepada UMKM untuk meningkatkan pemahaman UMKM Go Digital dengan melibatkan mahasiswa Universitas Riau, sehingga pemberdayaan yang hadir di Rumah BUMN Pekanbaru datang dari segala sisi. (Jepang)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika Jadi Magnet Wisata Olahraga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *