5 Manfaat Kunyit yang Bikin Kaget

saranginews.com, JAKARTA – KUNYIT merupakan salah satu bumbu masakan populer yang sering digunakan dalam masakan seperti kari.

Kunyit atau bumbu emas telah ada selama ribuan tahun sebagai bagian dari pengobatan Ayurveda.

BACA JUGA: 4 manfaat kunyit yang ampuh untuk mencegah serangan penyakit kronis ini

Kunyit memiliki warna kuning tua dan mempunyai khasiat penyembuhan karena adanya senyawa kurkuminoid, terutama kurkumin.

Manfaat kunyit mulai dari menyembuhkan luka dan mencerahkan wajah pengantin baru hingga membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Bumbu ini telah membantu kita.

BACA JUGA: 10 Manfaat Kunyit Dicampur Air Hangat Penyakit Kronis Ini Akan Hilang Seketika

Karena ketidaktahuan dan ketidakpercayaan terhadap obat-obatan kuno, kunyit kehilangan kejayaannya.

Lebih dari sekedar bumbu kuliner atau makna keagamaan, kunyit memiliki khasiat obat yang kuat dan kegunaannya tidak kita ketahui.

BACA JUGA: 6 Khasiat Kunyit Bikin Wanita Bahagia

Wanita modern yang mengelola pekerjaan dan rumah secara efektif mengalami lebih banyak stres.

Tentu saja, stres terus menumpuk pada wanita yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan ketidakteraturan menstruasi, yang merupakan masalah kesehatan paling umum yang dialami wanita dan gadis muda saat ini.

Sekali lagi, kunyit bisa membantu. Sebagai ramuan penghangat, kunyit membantu mengatur menstruasi dan menyeimbangkan hormon.

Kunyit memiliki sifat emmenagogue yang membantu merangsang siklus menstruasi.

Selain itu, sifat antispasmodik dan antiinflamasi kunyit membantu meredakan nyeri haid.

Berikut penjelasan dari Healthshots.com.1. Membantu mengobati penyakit kulit

Mulai dari mengurangi jerawat, lingkaran hitam, mencerahkan noda dan bekas luka, melembabkan kulit kering hingga mengurangi stretch mark, daftar manfaat kunyit untuk kulit tidak ada habisnya.

Sifat antibakteri dan antioksidan kunyit menjadikannya pembersih kulit yang ampuh dan obat untuk berbagai kondisi kulit.

Oleh karena itu, para generasi muda telah lama menggunakan pasta kunyit sebagai bagian dari ritual adat, karena dapat membuat kulit bersinar dan mencegah masuknya bakteri berbahaya ke dalam tubuh. Mengurangi gas dan kembung

Kunyit membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi gas dan kembung.

Sebagian besar lemak yang tidak tercernalah yang menyebabkan masalah pencernaan.

Kunyit adalah agen koleretik yang merangsang produksi empedu di hati.

Meningkatkan pelepasan empedu dari kantong empedu dan dengan demikian meningkatkan kemampuan tubuh untuk mencerna lemak dan mencegah atau menghilangkan masalah pencernaan3. Pengobatan peradangan

Karena sifat anti-inflamasinya yang kuat, kunyit digunakan untuk mengobati berbagai kondisi peradangan seperti penyakit pernafasan (asma, hiperreaktivitas bronkus, dan alergi), ketidaknyamanan gastrointestinal yang berhubungan dengan sindrom iritasi usus besar, dan gangguan pencernaan inflamasi lainnya. usus. tubuh. Meredakan nyeri sendi

Peradangan diketahui menyebabkan pembengkakan dan nyeri.

Karena sifat anti-inflamasi kunyit membantu mengurangi peradangan, kunyit juga membantu menghilangkan rasa sakit.

Studi menunjukkan bahwa pasien dengan osteoartritis lutut mendapat manfaat dari kurkumin, namun diperlukan lebih banyak penelitian.

Namun pengobatan tradisional telah lama menggunakan kunyit karena sifat anti inflamasinya untuk meredakan nyeri sendi.5. Membantu membersihkan dan menyembuhkan luka

Sifat antibakteri dan antiseptik kunyit membuatnya ideal untuk membersihkan dan mengobati luka, luka bakar, memar, dan bahkan bisul diabetes. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… 3 manfaat air kunyit dicampur lemon untuk mencegah penyakit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *