3 Hari Digelar, Karya Nyata Fest Vol 6 Pekanbaru Raup Transaksi Hingga Rp 668 Juta

saranginews.com, PEKANBARU – Karya Nyata Fest Vol 6 sukses digelar di Pekanbaru, Riau.

Acara yang berlangsung selama tiga hari pada 26-28 April 2024 di lapangan Aerosport ini berhasil mencatatkan rekor jumlah pengunjung di kisaran 30.000 orang.

BACA JUGA: Indonesia punya UKM dan modal ekonomi yang kuat untuk mengatasi dampak konflik Timur Tengah

Jumlah ini merupakan yang tertinggi di antara Real Art Fairs yang pernah diselenggarakan sebelumnya.

Karya Nyata Fest Vol 6 yang terselenggara atas kerja sama Kementerian BUMN dan PT Pertamina (Persero) ini merupakan bentuk dukungan Menteri Eric Tahir terhadap pengembangan usaha kecil, kecil, dan menengah (UKM). .

BACA JUGA: Pertamina Bina Medika IHC dan Singhealth berkolaborasi untuk meningkatkan layanan kesehatan

Acara tersebut juga melibatkan total 105 peserta UKM binaan 25 Badan Usaha Milik Negara yang terdiri dari makanan dan minuman, kerajinan tangan, dan fesyen sehingga menghasilkan total transaksi sebesar Rp 668 juta.

Menteri Eric Tahir melalui jajarannya, khususnya Arya Sinulinga selaku perwakilan Kementerian Perekonomian, berharap dengan adanya acara seperti itu, para pelaku UKM mempunyai wadah untuk memamerkan produknya agar dikenal dan diminati.

BACA JUGA: Grup Pahlawan Lokal Pertamina Raih 8 Penghargaan KLHK di Festival PPKL 2024

Didukung pula oleh Rumah BUMN Pekanbaru, diharapkan UMKM lokal mampu tumbuh subur sehingga turut mempengaruhi kemajuan perekonomian Indonesia, kata Arya Sinulingga dalam keterangan yang diterima Rabu (1/5).

Selain menjual produk UMKM, Karya Nyata Fest Vol 6 Pekanbaru juga menampilkan serangkaian kegiatan menarik yang melibatkan warga Pekanbaru dari segala usia.

Antara lain rangkaian permainan futsal tingkat SMA, berbagai talkshow kewirausahaan dan social media marketing, lomba cosplay, demonstrasi robot, lomba ngopi, mobile legends, hiburan band lokal serta highlight performance dari Rony Paroulian dan Diskoplo.

Akan ada juga business match yang merupakan hasil kerjasama antara pengusaha Riau dan Malaysia sehingga menjadikan acara ini sebagai International Karya Nyata Fest yang pertama.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Kementerian BUMN, Asisten Deputi SDM dan IT Kementerian BUMN Bidang TJSL Edi Eko Kahyono, VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero) Fajria Usman, Direktur Eksekutif Forum Badan Usaha Milik Negara I Gede. Arimbawa, Ketua Bapda Riau Emri Juliharnis, serta seluruh direktur/CFO muda Rumah BUMN di Indonesia.

Karya Nyata Fest yang merupakan pameran usaha kecil dan menengah se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN bekerja sama dengan BUMN melalui Rumah BUMN akan berlanjut di kota-kota berikut. Pekanbaru merupakan kota ke-6 yang sebelumnya dilaksanakan di Tangerang, Padang, Medan, Jambi, dan Bangka Belitung.

Selanjutnya acara akan dikunjungi dan dilaksanakan di Aceh.

Melalui semangat gotong royong, Karya Nyata Fest berhasil menciptakan momentum positif bagi perkembangan UKM dan pembangunan perekonomian daerah, kali ini khususnya di Pekanbaru.

Diharapkan melalui kegiatan-kegiatan selanjutnya, Karya Nyata Fest dapat semakin memacu pertumbuhan ekonomi dan mendorong berkembangnya usaha kecil dan menengah di wilayah Indonesia.

Pertamina sebagai perusahaan terkemuka di bidang transmisi energi berkomitmen mendukung tujuan net zero emisi pada tahun 2060 dengan terus menggalakkan program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) di seluruh area dan operasi Pertamina. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *