200 Praja IPDN Masuk Latsitardanus XLIV, Rektor Hadi: Ikhlas & Tanggung Jawab

saranginews.com, Jakarta – Sebanyak 200 Praja IPDN kembali mengikuti Diklat Kadet Terpadu Operasi XLIV Kepulauan Reddah (Lazitardanus) Tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Timur.

Perwakilan IPDN Praja tersebut antara lain Taruna Akmil 417 orang, Taruna AAL 126 orang, Taruna AAU 111 orang, Taruna Akpol 247 orang, Politeknik SSN 95 orang dan Universitas Pertahanan Nasional (Unhan) sebanyak 192 orang, bergabung dengan peserta lainnya yang berjumlah 1.388 orang.

Baca Juga: Mendagri Tito Tunjuk Suhajal Jadi Wakil Perdana Menteri IPDN, Ini Pesan Pentingnya

Kegiatan hari tahun ini yang dilaksanakan oleh Poli TNI, IPDN, Portek SSN dan Unhan mengusung tema “Pelatihan Terpadu Taruna Leda Nusantara Menuju Kaltim yang Maju dan Lebih Baik”.

Ketua IPDN Profesor Dr. Dokter. Bapak H. Hadi Prabowo (M.M.) menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan persiapan para taruna dan Praja sebelum menyelesaikan pendidikannya.

Artikel terkait: Guru Besar IPDN berharap Mahkamah Konstitusi membatalkan hasil Pilpres 2024

“Kegiatan ini dilaksanakan selama satu bulan mulai tanggal 6 Mei hingga 5 Juni. Selain 200 praja, juga diikuti 25 orang pengasuh,” ujarnya, Senin (6 Juni). pada acara pembukaan Lazitarda di Pertamina Merdeka Square Balikpapan.

Para peserta Raticitard ini akan segera mulai bekerja di lokasinya masing-masing. Mereka dibagi dalam empat unit pelatihan yaitu Batalyon Macan Provinsi Kutai-Kartanegara dengan jumlah peserta 385 orang.

Baca juga: Perdana Menteri Bicara Soal Dukungan Sistem Layanan Elektronik di Seminar Nasional IPDN

Kemudian Batalyon Elang yang ditempatkan di Kabupaten Pacer berjumlah 324 personel, Batalyon Hiu ditempatkan di Kota Balikpapan berjumlah 329 personel, dan Batalyon Kijan ditempatkan di Kabupaten Penajam Pacer Utara berjumlah 350 personel. Nama-nama yang hadir.

Hadi menambahkan, IPDN Praja kini akan melaksanakan beberapa kementerian dan pengabdian kepada masyarakat, antara lain restorasi tempat ibadah, restorasi pos masyarakat, restorasi rumah tidak layak huni, dan pembersihan saluran air.

Selanjutnya ada pembersihan sungai, restorasi jalan, pembuatan Lazitarda Memorial dan desa digital, penelitian sosial, penyuluhan kesehatan, pendidikan anti narkoba, wisata sejarah, dan lain-lain.

Dalam sambutannya Panglima TNI Agus Subianto menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya menjadi penggerak integrasi, kerja sama dan gotong royong dalam pembangunan bangsa, namun juga menjadi pembelajaran dan pelatihan bagi para peserta.

Sementara itu, Kompol Listyo Sigit Prabowo mengatakan Lazitardanus diharapkan mampu melakukan berbagai aktivitas fisik dan sosial, dan prestasi fisik dan non fisik tersebut akan membantu Kaltim maju dan lebih baik. Ia mengatakan, diharapkan bisa berkontribusi dalam persiapan tersebut

Menurut Perdana Menteri IPDN, seluruh peserta Lazitardanus sebelumnya diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang pada 30 Mei dengan penerbangan KRI 590 Makassar, KRI 592 Banjarmasin, dan KRI 593 Banda Aceh.

Setibanya di Balikpapan, rombongan menggelar upacara pembukaan Lachitarda, dilanjutkan dengan parade peserta Lachitarda dari Merdeka Pertamina Square hingga Balikpapan Ocean Square.

Perdana Menteri Hadi yang berada di dalam KRI Banda Aceh mengatakan, “Seluruh peserta Rachitard adalah PNS dan pemimpin masa depan yang diharapkan dekat dengan masyarakat setempat, sehingga kegiatan ini dapat memberikan semangat bagi PNS dan taruna. Kami berharap ini dapat mendekatkan masyarakat dengan masyarakat setempat.”

Kami berharap para peserta mengikuti kegiatan ini dengan tulus, sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab. (esy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *