Usung Tema Memajukan Warisan Bangsa, Dekranas Lakukan Berbagai Persiapan Menuju HUT ke-44

saranginews.com, JAKARTA – Dewan Kerajinan Nasional Indonesia (Dekranas) melakukan berbagai persiapan menjelang hari jadi (HUT) ke-44.

Perayaan ini rencananya akan digelar pada 15-18 Mei 2024 di Solo, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Ibadah Haji Lebih Terencana dengan Pembiayaan Porsi Haji Ditambah Pegadaian Syariah

Selain acara syukuran yang diisi oleh Pembina Dekranas Iriana Joko Widodo, Ketua Umum Dekranas Wury Maruf Amin, serta Ketua dan Pengurus Dekranas dan Dekranasda seluruh Indonesia, akan ada serangkaian kegiatan berbeda untuk merayakan dan menghormati kreativitas dan perjuangan. UMKM Indonesia.

Ketua Harian Dekranas Tri Tito Karnavian menjelaskan perayaan HUT ke-44 Dekranas mengambil tema “Tumbuh Bersama Mempromosikan Warisan Bangsa”, melenceng dari dampak Covid-19 terhadap kerajinan tangan.

BACA JUGA: Jelang Idul Adha, Pupuk Kaltim Berikan Dukungan Kepada Peternak Terkait Perawatan dan Kesehatan Hewan

“Dengan mengangkat tema Tumbuh Bersama, Mempromosikan Warisan Bangsa, Dekranas diharapkan dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan perekonomian dan khususnya sektor kerajinan nasional yang merupakan warisan budaya Indonesia.” , kami punya program yang juga membantu para perajin untuk melestarikan budaya Indonesia,” jelas Tri Tito Karnavian di ruang pers Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Kamis (8/5).

Ketua Panitia Pelaksana HUT Dekranas ke-44, Loemongga Agus Gumiwang mengatakan, perayaan secara solo bisa dinikmati masyarakat luas.

BACA JUGA: Sambut Perayaan BE Waisak 2568 di Candi Borobudur, Berbagai Persiapan Dilakukan Dalam Perjalanan

Pameran/pameran meliputi Dekranasda dari berbagai provinsi, kota, dan kabupaten.

“Ada pameran di kawasan Pura Mangkunegaran yang hingga saat ini tercatat ada 257 mitos. Ada pula karnaval atau parade budaya yang digelar pada 15 Mei yang meliputi kendaraan hias dan arak-arakan ribuan ibu-ibu PKK,” jelas Loemongga.

Acara lain yang menarik untuk dihadiri adalah talkshow dengan pembicara yang berbagi tips menjalankan bisnis.

Juga penampilan berbagai musisi ternama seperti Yovie & Nuno, Maliq & the Essentials, dan Giring Ganesha.

Para peserta Parade Kerajinan dan Budaya Dekranas 2024 selanjutnya akan bersaing memperebutkan Piala Ibu Negara. Nantinya, parade tersebut akan menampilkan ratusan mobil hias yang melaju di sepanjang jalan sepanjang 2,3 kilometer tersebut.

Melalui acara puncak HUT Dekranas ke-44 ini, Loeongga berharap warga Solo dan masyarakat dari berbagai lingkungan bisa berkumpul menikmati produk budaya.

Juga sebagai wadah networking para perajin dan dekranasda dari satu daerah ke daerah lain.

Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, selaku Humas Pemerintah dan Bidang Promosi dan Kehumasan ex-officio Dekranas menggelar konferensi pers dalam rangka persiapan HUT Dekranas ke-44 sebagai bentuk dukungan terhadap kerajinan Indonesia. (du/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *