SMA Labschool Jakarta Wakili Indonesia di Ajang HMUN 2024, Bangun Jejaring Internasional 

saranginews.com, Jakarta – SMA Lab Laboratorium Jakarta menjadi perwakilan Indonesia di Harvard Model United Nations (HMUN).

Kompetisi Simulasi Internasional Pertemuan Internasional Tahunan Perserikatan Bangsa-Bangsa diadakan di Universitas Harvard pada tanggal 25 hingga 28 Januari 2024 di Boston, Massachusetts, AS.

Baca Juga: SMP Labschool Kebayoran akan hadiri RIMINI FEST Italia.

HMUN 2024 merupakan konferensi ke-71 dan kompetisi simulasi peradilan PBB tertua dan paling bergengsi di dunia.

Labscole High School Jakarta telah rutin mengikuti HMUN sejak tahun 2014.

Baca juga: Labschool selenggarakan berbagi pengalaman kerja

Kali ini, sekolah yang berlokasi di Jakarta Timur itu mendatangkan 40 siswa beserta guru pembimbing Satrivan Selim, Nonik Kurniasih, Ivan Kurniadi dan kepala sekolah Suparno Sastro.

Sekretaris Jenderal HMUN 2024 Angela dela Cruz dalam sambutan pembukaannya mengatakan, 4.000 siswa sekolah menengah atas dari 250 sekolah di 50 negara berpartisipasi dalam Harvard MUN 2024.

Baca juga: Ini Strategi SMA Labschool Rawamangun untuk Melatih Karakter Kepemimpinan Siswa.

Sementara itu, Soparno Sastro, Direktur SMA Labschool Jakarta, mengatakan keikutsertaan Labschool dalam HMUN merupakan tantangan untuk menguji kemampuan intuisi, diskusi, dan negosiasi siswa.

Dan juga insentif untuk menciptakan kolaborasi dan jaringan internasional.

“Kesempatan berharga bagi siswa kita untuk berdialog dalam keberagaman global, berpikir kritis, mencontohkan diri sebagai diplomat dan kreatif dalam mengambil keputusan, ini merupakan wujud nyata pengembangan profil siswa Pancasila dalam penerapan kurikulum mandiri.” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/1).

Lebih lanjut beliau mengatakan: Siswa mengikuti serangkaian kursus pelatihan di sekolah ini selama 4 bulan.

Doktor asal Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini berharap prestasi mahasiswanya bisa maksimal.

Sungguh suatu kesempatan yang luar biasa untuk menerima undangan Harvard.

“Dalam kompetisi, menang dan kalah adalah hal biasa, namun membangun kepercayaan diri dan mendorong kepemimpinan di antara 4.000 mahasiswa dari 50 negara adalah hal yang luar biasa,” kata Dr. UNJ.

Mohammad Rafi Rahmdana, salah satu delegasi mengatakan, mimpinya bisa menginjakkan kaki di Amerika Serikat, kemudian kuliah di HMUN dan mengunjungi Harvard University.

Ia mengatakan, rangkaian HMUN sangat sulit. Mereka dilatih selama berbulan-bulan untuk berdebat, bernegosiasi, memimpin aliansi, meneliti, menulis artikel topikal.

“Di sini musim dingin, suhunya minus tujuh derajat, berbeda sekali dengan Indonesia, tapi saya terkesan dan senang bisa kuliah di Harvard,” ujarnya.

Para siswa SMA Labskol Jakarta merasa bangga dan bahagia saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang turut serta dalam agenda pertemuan Dewan Keamanan PBB.

“Di tengah kesibukannya, Pak Menteri bersedia menyempatkan diri mengunjungi kami ketika mengetahui delegasi Labschool juga berada di Markas Besar PBB, New York pada Senin, 22 Januari 2024,” kata Soparno.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno didampingi Duta Besar RI untuk PBB Armanatha Nasir dan diplomat lainnya berpesan kepada para mahasiswa untuk optimis menatap masa depan, menciptakan koneksi global dan berpartisipasi dalam membangun dunia yang lebih baik.

Sebab, tantangan generasi mendatang semakin kompleks.

Menlu Retno menyampaikan peran aktif dan strategis Indonesia dalam kancah politik global untuk mencapai perdamaian dunia. (esy/jpnn)

Baca artikel lainnya… Musikal Skylite menjadi acara tahunan di SMA Labshool

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *