Selamat! Mitsubishi Triton Dapat Bintang 5 dari ANCAP

saranginews.com – Australian New Car Assessment Program (ANCAP) memberikan rating bintang lima pada Mitsubishi Triton 2024.

Kendaraan Double Cab (D-Cab) menjadi yang pertama diuji berdasarkan kriteria baru organisasi pada tahun 2023-2025.

BACA JUGA: Mitsubishi akan memperkenalkan konsep crossover listrik dan Triton baru

Peringkat bintang lima berlaku untuk semua versi Triton 2WD dan 4WD Double Cab yang baru diluncurkan di Australia dan Selandia Baru.

“Peringkat ini menunjukkan tekad dan kemampuan Mitsubishi dalam merancang, membangun, dan menghadirkan produk bintang lima,” kata Chief Executive Officer ANCAP Carla Hoorweg dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA: Meluncurnya All New Triton, Mitsubishi Ralliart Jadi Tim Terbaik di AXCR 2023

Triton merupakan salah satu model terlaris di Australia dan Selandia Baru, tidak hanya untuk keperluan perusahaan, tetapi juga untuk mobil keluarga.

Di Indonesia, Mitsubishi Triton berwajah baru rencananya akan diperkenalkan pada GIIAS 2024 yang digelar Agustus mendatang.

BACA JUGA: Penyaluran KUR ke Pengusaha Laundry, Triton MLC & Indonesia Kerjasama dengan BCA

Menurut ANCAP, Triton telah menunjukkan perlindungan tingkat tinggi bagi pengemudi, penumpang kursi depan dewasa, dan penumpang anak-anak di sebagian besar uji tabrak fisik.

Pengujian juga menemukan bahwa mobil tersebut memberikan perlindungan yang lebih baik pada dada dan kaki bagian atas penumpang belakang, dalam pengujian depan lebar penuh.

Saat Triton diuji risiko cedera pada manusia dan kendaraan lain akibat tabrakan, ANCAP mengatakan Mitsubishi berkinerja baik, mengalahkan banyak kendaraan lain di segmennya.

Namun skor “bantuan keselamatan” lebih rendah karena meski dilengkapi sistem pengereman darurat otonom (AEB), namun belum secanggih persimpangan dan tabrakan depan.

Sebagai bagian dari uji keselamatan, ANCAP menguji Sistem Pemantauan Pengemudi Triton, salah satu yang pertama diuji secara lokal.

“Sistem pemantauan pengemudi langsung masih relatif baru di pasaran. Triton memenuhi persyaratan protokol ANCAP untuk memastikan peringatan terhadap kelelahan dan gangguan, namun penerapan sistem ini oleh Mitsubishi dapat ditingkatkan dengan mengurangi peringatan yang berlebihan bagi pengemudi,” kata Carla Horweg.

Selain peringatan visual, produsen dapat memilih antara peringatan DMS haptik atau suara untuk mendapatkan poin berdasarkan protokol ANCAP.

Namun ANCAP tidak memerlukan peringatan gangguan saat mundur, parkir, atau manuver kecepatan lambat di bawah 10 km/jam. (mengemudi/semut/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Mitsubishi Triton generasi terbaru hadir dengan tampilan dan mesin baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *