Pj Gubernur Sumsel Upayakan Status SMB II Palembang Kembali jadi Bandara Internasional

saranginews.com, JAKARTA – Penjabat Gubernur (Pj) Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni terus mendorong pemulihan status Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang sebagai bandara internasional.

Demikian tanggapan Fatoni atas pernyataan anggota oposisi DPRD Sumut H. David Hadrianto Aljufri di luar Sidang Paripurna LXXXIII DPRD Sumsel Tahun 2024 di Kantor DPRD Sumsel, Palembang, Sumsel pada Kamis (2/5).

Baca selengkapnya: Pemprov Sumsel dan Kedutaan Besar Kanada Berkolaborasi Perkuat Pencegahan Perubahan Iklim

“Terdapat 17 bandara di Indonesia yang berstatus bandara lokal, salah satunya di Palembang, Sumatera Selatan.” Padahal, tentunya menjadi kewenangan Kementerian Perhubungan untuk memutuskan dan mengumumkannya terlebih dahulu. Syaratnya sudah diatur,” kata Fatoni.

Fatoni mengatakan meski status SMB II Palembang diturunkan dari internasional menjadi domestik, namun ia yakin statusnya akan kembali menjadi internasional.

Baca Juga: Naik 12,94 Persen, Ekspor Sumsel Capai 503,09 Juta Dolar pada Maret 2024.

“Namun, kami pemerintah daerah mempunyai kesempatan untuk mencoba.

Fatoni mengatakan, sudah banyak upaya yang dilakukan. Pada tahun 2024, Fatoni mengirimkan surat resmi kepada Menteri Perhubungan untuk meningkatkan penerbangan internasional.

“Awal tahun lalu, saya memberikan pernyataan resmi kepada Menteri Perhubungan untuk menambah layanan internasional ke Malaysia dan Singapura. “Kami juga meminta lebih banyak penerbangan domestik ke Bali, kemudian ke Semarang dan banyak kota lainnya,” kata Fatoni.

Bahkan, Fatoni sudah tiga kali mengirim langsung ke Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Hal ini tentu sejalan dengan pembahasan pembenahan Bandara Gatot Subroto Way Kanan beberapa waktu lalu.

“Tidak hanya surat saja yang kami kirimkan, saya sudah tiga kali bertemu dengan Menhub, kami juga sudah rapat penuh saat membahas Bandara Gatot Subroto Way Kanan, kami juga membahas upaya-upaya yang telah kami lakukan.” dia berkata. Menekankan.

Namun Fatono berjanji akan kembali meningkatkannya dan mengundang pemangku kepentingan yang ada, termasuk dari pemerintah daerah dan DPRD.

Sebelumnya, Anggota DPRD Sumsel Bapak H. David Hadrianto Aljufri berharap Gubernur Agus Fatoni mengambil langkah cepat untuk mengembalikan kondisi bandara SMB II Palembang menjadi bandara internasional.

Ketua DPRD Sumsel R.A. Bapak Anita Noeringhati memuji langkah yang dilakukan Pj Gubernur Sumsel, Bapak Agus Fatoni.

“Apa yang dilakukan Pj Gubernur patut kita dukung dan apresiasi,” kata Anita (jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *