Kemendikbudristek Buka Pendaftaran IISMA 2024, Kuota Peserta Melonjak

saranginews.com, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka pendaftaran Indonesia International Student Awards (IISMA) 2024.

Dirjen Dikti, Ristek, Nizam, mendorong para mahasiswa untuk melakukan berbagai persiapan dan memanfaatkan peluang emas ini.

BACA JUGA: Dalam Kunjungan ke Kemendikbud, Serikat Kehormatan Tuntut 4 Hal Termasuk Penetapan PPPK 2024 untuk P/TL & Tendik

“Persiapkan diri dengan bahasa asing yang baik dan pilihlah berbagai program studi di universitas mitra terkemuka dunia,” kata Nizam pada Kamis, 25 Januari.

IISMA merupakan salah satu dari delapan program dalam kebijakan lembaga swasta (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Badan Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) melalui penyelenggara pendidikan tinggi. , penelitian dan teknologi.

BACA JUGA: Mahasiswa UPJ Raih Beasiswa Internasional IISMA 2023, Mantap

Program IISMA akan dimulai pembukaannya pada tahun 2021 dengan tujuan untuk memberikan hak dan kesempatan kepada siswa kelas 4 hingga kelas 6 untuk belajar di perguruan tinggi besar di luar negeri yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam bentuk beasiswa.

Mahasiswa dapat mempelajari mata kuliah pengembangan diri yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan universitas mitra di luar negeri maupun universitas asal mahasiswa.

BACA JUGA: 16 Mahasiswa Polimed Juara IISMA Kuliah di Luar Negeri

Nizam mengatakan tahun ini IISMA menyeleksi kandidat penerima penghargaan melalui tiga program, yaitu formal, recognition, dan sponsorship.

Program yang ada saat ini adalah beasiswa penuh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Program pengukuhannya adalah beasiswa penuh Kemendikbud untuk pelajar dari daerah kurang mampu.

Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden No. 63 Tahun 2020 tentang identifikasi daerah tertinggal periode 2020-2024 atau pelajar penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah) atau pelajar penerima beasiswa.

Tahun ini IISMA membuka kesempatan bagi mahasiswa berprestasi asal Indonesia, termasuk mahasiswa berprestasi.

Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Sri Suning Kusumawardani mengatakan program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa berbakat dari Sabang hingga Merauke untuk belajar dalam satu semester.

Mereka juga menjadi duta nasional universitas luar negeri terbaik dengan dukungan finansial dari pemerintah Indonesia.

“Jumlah peserta yang dibuka tahun ini bertambah 3.000-3.300 peserta, dengan 140-150 mitra universitas yang tersebar di 30 negara,” tutup Nizam. (esy/jpnn)

BACA SELENGKAPNYA Artikel… Benefit bertambah, kuota IISMA 2022 bertambah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *