Jaring Potensi Petani Muda, Inilah 75 Nominee Young Ambassador Agriculture Pilihan Kementan

saranginews.com, BOGOR – Sebanyak 75 petani muda masuk nominasi Duta Muda Pertanian 2024 dan 14 Duta Polbangtan (PEPI) 2024 pada Duta Muda Pertanian dan Bootcamp Duta Polbangtan yang digelar 30 April hingga 4 Mei di Hotel 2024 Padjajaran, bogor.

Program Dukungan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan Muda (YESS) yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan Pertanian, Badan Penyuluhan Pertanian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDMP), Kementerian Pertanian bekerja sama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) berhasil menstimulasi generasi muda . petani untuk lebih aktif dalam pengembangan pertanian.

BACA JUGA: Lembaga Evaluasi dan Asistensi, Kementerian Pertanian Siap Pantau Program Wajib Budidaya Bawang Putih

Hal ini dibuktikan dengan besarnya antusiasme peserta dari berbagai daerah di Indonesia dalam mengikuti pemusatan pelatihan dan berbagai sesi edukasi untuk lebih meningkatkan produktivitas pertanian dan memperluas jaringan mereka.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mendukung penuh seluruh aktivitas petani muda untuk memajukan pertanian dengan berbagai program untuk mendukung optimalisasi produksi pangan di Indonesia.

BACA JUGA: Kementan evaluasi unit khusus antisipasi kekurangan pangan di Kalimantan Selatan

“Program ini merupakan upaya peningkatan produksi pangan sehingga memerlukan keterlibatan berbagai pihak, mulai dari kelompok kepentingan terkait hingga petani muda sebagai sasarannya,” ujarnya.

Dukungan serupa disampaikan Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi, dengan adanya program YESS dalam produksi duta dan duta muda pertanian dapat mendorong para petani muda untuk berpartisipasi aktif dalam perbaikan pangan Indonesia.

BACA JUGA: Regenerasi Petani, Kementan Selenggarakan Bootcamp di Bogor

“Seleksi dan edukasi ini memberikan semangat kepada para petani muda untuk terus mendukung dan mengajak generasi muda untuk berkiprah di sektor pertanian,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Inneke yang merupakan direktur proyek YESS menyampaikan bahwa Bootcamp ini merupakan sarana edukasi bagi para petani muda untuk mewakili petani yang maju, mandiri dan modern.

Pendidikan bootcamp sarat dengan kegiatan dan materi menarik, serta narasumber yang kompeten, disampaikan secara kolaboratif, inklusif, dan konstruktif.

Duta Polbangtan/PEPI terpilih tahun 2024 diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam program sosialisasi pendidikan pertanian, aktif melakukan koordinasi, konsolidasi, representasi dan resonansi dalam pemajuan okupasi pertanian di Indonesia.

Ke-75 kandidat YAA 2024 diharapkan dapat terus mengembangkan usahanya sebagai implementasi dari bootcamp ini.

Tahapan seleksi YAA akan berlanjut hingga Grand Final dengan tujuan merekrut 50 Duta Muda untuk tahun 2024.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Idha Widi Arsanti dalam sambutan dan diakhir acara menyampaikan bahwa kegiatan ini membawa banyak ilmu, manfaat, networking dan kerjasama yang dapat diperoleh seluruh peserta.

“Ilmu tentang bootcamp ini tidak bisa didapat pada kesempatan lain, sehingga kita berharap dapat memberikan manfaat yang besar tidak hanya bagi pesertanya saja, namun bagi semua orang untuk kemajuan kedepannya,” lanjutnya. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LENGKAP… Tingkatkan teknologi pertanian, Kementan jalin kerja sama dengan Iran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *