Israel Serbu Rafah, Brigade Al-Qassam Menyambut dengan Peluru Yassin 105

saranginews.com, Gaza – Sayap bersenjata kelompok teroris Brigade Hamas al-Qassam mengatakan mereka menyerang pasukan Israel di Barak Saad Sayel di Rafah Timur, di Jalur Gaza selatan.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat, Brigade al-Qassam mengatakan para pejuangnya menyerang pasukan Israel setelah meledakkan ladang ranjau yang telah disiapkan sebelumnya di dalam barak Saad Sayel, sebelah timur Rafah.

Baca Juga: Israel Serang Rafah, AS Tunda Penjualan Senjata

Pejuang Brigade Al-Qassam juga melakukan operasi militer di dekat Masjid Al-Dawa yang terletak di sebelah timur Rafah.

Operasi tersebut termasuk menargetkan sebuah gedung yang menampung beberapa tentara Israel dengan peluru TBG, menargetkan kendaraan angkut militer di bawah gedung dengan peluru Yasin 105, dan serangan skala besar terhadap sekelompok tentara Israel yang ditempatkan di dekat sebuah tank.

Baca juga: Israel Buka Perbatasan Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Menurut Brigade Al-Qassam, serangan tersebut memakan banyak korban jiwa.

Brigade Al-Qassam juga menargetkan tank Merkava Israel dengan peluru Yasin 105 di daerah Abu Halwa, sebelah timur kota Rafah.

Baca Juga: Operasi Militer Israel Berhasil Rebut Tanah Palestina di Rafah

Dalam pernyataan terpisah, brigade tersebut mengatakan bentrokan sengit sedang terjadi antara faksi oposisi Palestina dan pasukan Israel yang memasuki Rafah Timur di Jalur Gaza selatan.

Sementara itu, militer Israel mengaku telah mencegat dua roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza selatan pada hari Jumat.

Pesawat pertahanan udara Israel mencegat dua roket yang terbang dari Rafah ke sekitar Jalur Gaza, katanya dalam sebuah pernyataan.

Brigade Al-Qassam membenarkan serangan tersebut, dengan mengatakan pihaknya menembakkan mortir kaliber berat ke pangkalan militer Kerem Shalom di timur Rafah di Jalur Gaza selatan.

Sumber-sumber medis mengatakan kepada Anadolu bahwa pesawat dan kendaraan artileri Israel terus menembaki berbagai wilayah di kota Rafah, yang mengakibatkan korban jiwa di kalangan warga Palestina.

Saksi juga mengatakan kepada Anadolu bahwa artileri Israel menembaki daerah sekitar pangkalan taksi di Rafah timur, sementara pasukan Israel yang memasuki bagian timur kota meledakkan beberapa rumah.

Saksi juga melaporkan bahwa jet Israel mengebom sebuah rumah di kawasan Kharbat al-Adas di Rafah utara.

Setidaknya 9 korban tewas dan 17 lainnya luka-luka akibat serangan Israel yang terus menerus di Rafah dalam 24 jam terakhir, kata sumber medis di Rumah Sakit Kuwait.

Di kota tetangga Khan Younis, jet Israel mengebom sebuah rumah, menewaskan delapan warga Palestina, termasuk wanita dan anak-anak, menurut sumber medis di rumah sakit Eropa di kota tersebut.

Di Kota Gaza, bentrokan sengit terjadi sejak Kamis pagi (5/9) antara faksi perlawanan Palestina dan pasukan Israel di lingkungan Al-Zaytoun di tenggara kota, menurut saksi mata.

Israel melepaskan tembakan ke Jalur Gaza sebagai pembalasan atas serangan pimpinan Hamas pada Oktober lalu, yang menurut Tel Aviv menewaskan kurang dari 1.200 orang.

Sementara itu, lebih dari 34.900 warga Palestina tewas di Gaza dan lebih dari 78.500 orang terluka, menurut Otoritas Kesehatan Palestina, dalam serangan Israel. (semut/dil/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *